Asia

China Gelar Forum Blue Hall Di Kementrian Luar Negeri

Salafynews.com, BEIJING China menggelar Forum Blue Hall dengan tema “Pembentukan Hubungan Negara Besar Tipe Baru China-AS dalam Dialog, Saling Percaya, Saling Kerja Sama” di Kementerian Luar Negeri China, Sabtu (19/6). Asisten Menteri Luar Negeri Zheng Zeguang memberi sambutan berisi penjelasan terkait  Dialog Strategi dan Ekonomi Tiongkok-AS putaran ke-7 dan konsultasi tingkat tinggi pertukaran humaniora Tiongkok-AS putaran ke-6.

Menurut penjelasan, Dialog Strategi dan Ekonomi China-AS putaran ke-7 dan konsultasi tingkat tinggi pertukaran humaniora China-AS putaran ke-6 akan diadakan di Washington, Ibu Kota AS pada tanggal 23 hingga 24 bulan ini.

ChinaWakil Perdana Menteri China, Liu Yandong, selaku utusan khusus Presiden China Xi Jinping akan bersama dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry memimpin konsultasi tingkat tinggi itu. Dialog dan konsultasi kali ini merupakan kontak strategi tingkat tinggi antara China dan AS tahun ini dan mempunyai arti signifikan untuk menambah saling pengertian dan saling percaya kedua pihak, pendorongan kerja sama dan pertukaran di berbagai bidang ditandai dengan diadakannya  persiapan kunjungan kenegaraan Presiden Xi Jinping ke AS pada bulan September mendatang.

chinaZheng Zeguang mengatakan, topik yang dibahas dalam dialog strategis  sangat luas dan mencakup masalah penting bilateral, regional dan global. Kedua pihak akan bertukar pendapat secara terus terang dan mendalam mengenai diperdalamnya kerja sama pragmatis bilateral, pembentukan hubungan interaksi antara kedua pihak di Asia Pasifik, begitu pula kontrol perselisihan dan masalah sensitif.

Dalam kerangka dialog strategis kedua pihak juga akan mengadakan sidang khusus yang bertema “perlindungan laut” serta konsultasi lain yang mencakup urusan PBB dan urusan multilateral, iptek dan inovasi, pelabuhan dan kapal hijau serta penghentian perdagangan ilegal hewan dan tumbuhan liar. Menjelang dialog strategis, kedua pihak akan terlebih dulu mengadakan dialog strategi dan keamanan ke-5 yang dipimpin bersama Wakil Menteri Luar Negeri Zhang Yesui dan Wakil Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken dan dihadiri oleh wakil pihak militer dan lembaga terkait kedua negara. (SFA/LM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: