Asia

China Segera Gelar Upacara Penanda-tanganan Perjanjian AIIB

Salafynews.com, BEIJING – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Lu Kang  mengumumkan pada hari Kamis(25/6) bahwa China akan segera menggelar upacara  penandatanganan Perjanjian AIIB (Asian Infrastructure Investment Bank)  di Beijing pada 29 Juni mendatang.

Rencananya, Presiden China, Xi Jinping, akan menemui para kepala delegasi dari negara-negara pendiri awal yang akan menghadiri upacara ini. Perdana Menteri China, Li Keqiang, juga direncanakan untuk  menyampaikan pidato tertulis dalam Konferensi Menteri Keuangan Khusus AIIB.

lu kang

AIIB merupakan organisasi pengembangan multilateral baru di kawasan Asia yang didirikan sejak tahun 2014 atas inisiatif China. Setelah anggota kelompok pertama yakni 22 negara pendiri awal menandatangani Memorandum Pembangunan AIIB di Beijing pada Oktober tahun lalu, AIIB segera memasuki masa menyerap anggota baru dan merundingkan Perjanjian AIIB.

Terhitung hingga tanggal 31 Maret tahun ini, jumlah negara pendiri awal AIIB bertambah sampai 57 negara, meliputi Asia, Oseania, Eropa, Amerika Latin dan Afrika. Hal ini membuat AIIB lebih representatif di komunitas internasional. [TASS/SFA] 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: