Internasional

China Siap Menyerang Jika Diganggu

Salafynews.com, BEIJING – Cina telah meluncurkan sebuah strategi pertahanan baru guna meningkatkan kemampuan Angkatan lautnya dan menyatakan akan menggeser fokus militernya dari sekedar” pertahanan wilayah udara beralih” ke “bertahan dan menyerang”. Beijing juga mengecam negara-negara tetangganya atas tindakan provokatif mereka terkait pulau-pulau milik China.

Pulau SengketaKertas putih strategi militer Cina ini dusulkan oleh Dewan Negara pada Selasa (26/5). Hal ini menunjukkan ambisi Cina yang besar dalam menghadirkan Angkatan Laut yang lebih hebat di wilayah-wilayah yang situasinya memanas dalam sengketa Laut Cina Selatan.

Angkatan Laut Tentara pembebasan Rakyat (PLAN) akan menggeser fokusnya dari “pertahanan di perairan lepas” menjadi gabungan “pertahanan laut lepas dan perlindungan lautan terbuka” serta akan membangun sebuah gabungan sruktur pertempuran laut yang efisien dan multifungsi” demikian bunyi dokumen tersebut.

Dokumen  tersebut diharapkan akan meningkatkan kemampuan dalam strategi peringatan awal, serangan udara, pertahanan udara maupun pertahanan terhadap rudal,  penanggulangan informasi, operasi udara, proyeksi strategis dan dukungan yang komprehensif.”

Seiring memanasnya konflik di kepulauan Spratly yang disengketakan, kertas putih militer Cina yang terbaru itu juga mengkritik negara-negara tetangga atas “tindakan provokatif” mereka atas “kepulauan dan laut” Cina. (lm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: