Internasional

China Ungguli AS Dalam Persaingan Ekonomi

 

Salafnews.com, BEIJINGSurat kabar Jerman, Dei Zeit, Kamis(28/5), menuliys bahwa China kini telah menjadi negara ekonomi terkuat di Asia, dan merupakan mitra dagang utama bagi negara-negara tetangganya. Hal ini dikarenakan tingginya pertumbuhan ekonomi  di China.

Sementara Amerika, walaupun memiliki kelebihan dalam bidang militer, namun negara itu telah kehilangan posisinya di bidang ekonomi, terutama di wilayah-wilayah Asia. Kebanyakan negara yang biasanya menjadikan AS sebagai mitra dagang utama telah mengalihkan pilihan mereka ke Beijing yang dari semula telah bertekad kuat untuk memenangkan kompetisi di bidang perekonomian.

ChinaMenurut surat kabar tersebut, China secara sistematis terus memperluas kekuatan ekonominya. Negara ini berharap bisa menciptakan sebuah”jalan sutra baru” di seluruh Asia Tengah, Asia Tenggara dan Eropa baik darat maupun lautnya. Bersama dengan negara-negara BRICS lainnya(Brazil, Rusia, India, dan Afrika Selatan), China juga telah mendirikan Bank Pembangunan Baru.

Bagaimanapun, Proyek paling spektakuler Beijing memang Bank Investasi Infrastruktur Asia(AIIB) yang sejauh ini berhasil mengikut sertakan 57 negara dari seluruh dunia, demikian bunyi artikel tersebut.

Washington memandang AIIB adalah saingan serius untuk Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional dimana negara-negara Barat adalah penyandang dananya. AS berusaha  mencegah negara-negara Eropa untuk bergabung dengan proyek baru China tersebut, namun gagal. Jumlah Anggota AIIB termasuk negara-negara penting Eropa, berkembang dengan pesat meski AS berusaha keras memblokir lembaga tersebut.(lm/sputniknews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: