Amerika

Churkin; Pembicaraan Damai Suriah Tidak Hanya Fokus Pada Penghentian Bentrokan di Aleppo

Rabu, 10 Agustus 2016

SALAFYNEWS.COM, NEW YORK – Rusia telah menekankan bahwa pembicaraan damai Suriah di masa depan tidak harus difokuskan pada menghentikan bentrokan di Aleppo.

Duta Besar Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin memberi peringatan pada hari Selasa setelah pertemuan Dewan Keamanan PBB.

“Semakin rendah tingkat kekerasan lebih baik untuk pembicaraan … tapi harus ada prasyarat untuk pembicaraan,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, utusan PBB Suriah Staffan de Mistura mengumumkan bahwa upaya yang dilakukan untuk memulai kembali perundingan pada akhir Agustus. Sebelumnya putaran terakhir pembicaraan jatuh hingga April lalu setelah kelompok oposisi yang didukung asing meninggalkan negosiasi, mengklaim bahwa pasukan pemerintah tidak taat kepada gencatan senjata yang ditengahi AS dan Rusia pada.

Churkin juga meminta negara-negara yang memiliki pengaruh atas kelompok oposisi Suriah untuk mempersiapkan mereka dalam perundingan mendatang.

“Mereka datang ke perundingan tanpa berkata apa-apa, mereka hanya mengatakan Presiden Suriah Bashar Assad harus pergi dan ini bukan posisi negosiasi,” tambahnya.

Churkin juga menekankan bahwa Rusia dan AS secara “praktis” membahas cara pengiriman bantuan ke Aleppo, sambil mengingatkan bahwa Moskow mendukung gencatan senjata untuk kemanusiaan selama mereka tidak termasuk teroris. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: