Internasional

CIA Hapus Jejak Keterkaitan Saudi dalam Serangan 9/11

Salafynews.com – Central Intelligence Agency (CIA) AS telah memblokir hampir semua bagian yang terkait dengan dugaan peran Arab Saudi dalam serangan 9/11.

Laporan CIA 495-halaman, termasuk file yang sangat-rahasia yang berkaitan dengan koneksi Riyadh pada peristiwa 11 September 2001, dirilis pada hari Jumat sore (12/6/15).

Halaman ke-30 dokumen itu berjudul “Keterkaitan Arab Saudi,” termasuk sub bagian pada “implikasi” dan “akuntabilitas,”, namun bagaimanapun juga bagian itu telah mengalami penyunatan kecuali tiga paragraf.

Komisi 9/11 dalam laporannya yang dirilis pada tahun 2004, CIA meminta Kantor Inspektur Jenderal nya untuk melakukan investigasi sendiri terhadap serangan.

Laporan CIA dari tahun 2005 dirilis pada Jumat (12/6), didorong oleh permintaan Freedom of Information Act.

Banyak yang berpendapat laporan yang dirilis itu akan menyelesaikan pertanyaan tentang hubungan Saudi dengan serangan tersebut, karena Lima belas dari 19 pembajak dalam serangan 9/11 berasal dari Arab Saudi.

Namun, dokumen itu mengklaim peneliti CIA tidak menemukan bukti terlibatan Arab Saudi dalam serangan 9/11.

“Tim tersebut tidak memiliki bukti bahwa Pemerintah Saudi dengan sadar dan rela mendukung teroris al-Qaeda,” tulis laporan itu.

Dia juga mengatakan beberapa orang dalam CIA itu berspekulasi bahwa “simpatisan pembangkang dalam pemerintah mungkin telah membantu al-Qaeda”. [SFA] 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: