Afrika

Demo Warga Tunisia Tolak Kembalinya “Jihadis” Pulang Kampung

Senin, 26 Desember 2016,

SALAFYNEWS.COM, TUNISIA – Ratusan warga Tunisia pada hari Sabtu (24/12), turun ke jalan melakukan aksi demonstrasi di depan kantor parlemen untuk mengekspresikan penolakan mereka terhadap kembalinya ekspatriat jihadis warga Tunisia. (Baca: Pemerintah Tunisia Akui Ribuan Warganya Gabung Teroris ISIS di Libya)

“Koalisi warga Tunisia”, yang meliputi organisasi non-pemerintah dan tokoh-tokoh independen, menyeru untuk demonstrasi menolak kembalinya ekspatriat Tunisia yang berjuang dengan organisasi ekstrimis di luar negeri.

Panitia demo memperkirakan jumlah peserta dalam demonstrasi oleh sekitar 1500, para demonstran meneriakkan slogan-slogan seperti “tidak ada tobat .. .. tidak ada kebebasan bagi teroris.” Dan mereka mengibarkan spanduk-spanduk dengan slogan-slogan seperti “ISIS tidak boleh kembali ke Tunisia” dan “pemerintah harus melawan kelompok teroris” dan “melindungi rakyat dari ISIS tanggung jawab bersama”, almaalomah (24/12). (Baca: Jihadis Saudi dan Tunisia Tempati Peringkat atas Daftar Pelaku Bom Bunuh Diri)

Salah seorang wanita demonstran yang menolak disebutkan namanya, kepada AFP “Teroris tidak bertobat, mereka akan kembali jika mereka kembali mereka akan mengulang pembantaian dan pembunuhan sebagaimana mereka telah bersumpah dalam video (yang mereka sebar di Internet). Negara harus melindungi rakyat dari bahaya ini”.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tunisia Hedi Hidayat, pada hari Jumat malam di sesi tanya jawab di depan Parlemen, mengatakan bahwa 800 warga Tunisia telah kembali dari “medan perang” di Libya, Suriah dan Irak. (Baca: Ulama Tunisia: Mendanai Kaum Takfiri Adalah Haram)

lebih dari 5.500 warga Tunisia sedang berperang, kebanyakan dari mereka berusia berkisar antara 18 dan 35 tahun, bersama organisasi-organisasi ekstremis, terutama di Libya, Suriah dan Irak, menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh para pakar di PBB di Juli 2015. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: