Analisis

Denny Siregar dan Rahasia Pertemuan Putin-Erdogan

Jum’at, 12 Agustus 2016,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Pertemuan terheboh saat ini di dunia yaitu kunjugan Erdogan ke Rusia untuk bertemu dengan Putin, ini merupakan pertemuan pertama kali sejak memanasnya hubungna Turki dengan Rusia, pertemuan ini jelas merupakan solusi terbaik dari kedua belah pihak sama-sama diuntungkan, namun Erdogan harus menelan pil pahit bahwa sebelumnya dia tidak akan mendekat kepada Rusia, karena Putin telah menghancurkan perdagangan minyak gelapnya dengan teroris ISIS di Suriah.

Tokoh dunia maya Denny Siregar dalam akun facebooknya menulis tentang apa dibalik pertemuan kedua Tokoh ini, berikut tulisannya:

ERDOGAN & KERANG AJAIB

Normalisasi kembali hubungan Rusia dan Turki adalah pembuktian peribahasa, “kalah jadi abu, menang jadi arang”.

Sesudah peristiwa ditembaknya pesawat Rusia oleh Turki di Suriah, hubungan keduanya memanas. Rusia langsung mengambil insiatif untuk melakukan embargo ekonomi kepada Turki.

Rusia adalah mitra dagang kedua terbesar Turki sesudah Jerman. Jelas saja embargo itu sangat berpengaruh terhadap Turki. Ekspor pertanian Turki langsung merosot tajam sesudah dilarang masuk Rusia. Harga bahan pangan di Turki naik 3 kali lipat. (Baca: Kunjungan Erdogan Ke Rusia Temui Putin Tamparan Keras Kepada Pemujanya)

Bukan itu saja. Turki kehilangan banyak dari pariwisatanya, karena selama ini mereka banyak menerima wisatawan Rusia. Rusia memang menganggap embargo ekonomi terhadap Turki ini sebagai bagian dari menghancurkan ekonomi Turki.

Masalahnya, Rusia juga terpengaruh.

Ekonomi mereka melemah. Ketergantungan terhadap impor bahan makanan dari Turki juga membuat harga-aarga disana melonjak tinggi. Kerjasama energi yang rencana dibangun dan terancam batal, membuat kepanikan investasi.

Karena itulah, meski gondok setengah mati, Putin menerima kedatangan Erdogan dan menormalisasi hubungan kedua negara. Kepentingan ekonomi ternyata membuat kedua negara itu harus bekerjasama, meski hubungan itu lebih kepada menjaga stabilitas semata. (Baca: Wajah Congkak Turki)

Putin harus menjaga Turki tetap stabil, karena kacaunya Turki akan berdampak juga pada Rusia. Ini menjelaskan kenapa Putin mendukung pemerintahan Turki yang dipimpin Erdogan dan menolak segala bentuk kudeta disana.

Hanya lucu saja melihat fans Erdogan yang dengan begitu bangganya memberikan statemen, bahwa “Begitulah Erdogan bersiasat dengan syaithon.” Erdogan mereka anggap dewa dengan kerang ajaib yang aksinya selalu benar sesuai dengan pemikiran mereka.

Erdogan memang lihay, bak pesulap menipu mata pendukungnya. Ia memainkan kartu-kartu gertakan kepada Israel, kepada AS, untuk mengangkat semangat dan kepercayaan mereka.

Bisa dibilang ini saatnya cuci tangan yang kemaren bersimbah darah. Sudah bukan rahasia bahwa Turki adalah bagian dari penciptaan ISIS yang juga menyediakan tempat pelatihan dan pemasok senjata kepada mereka.

Pendukung Erdogan seperti menutup mata -atau memang tidak paham infonya- bahwa Turki adalah anggota NATO dan ada pangkalan udara militer AS Incirlik di Adana. Bagaimana bisa seorang musuh besar bersarang dan menetap di rumahnya? Apapun ceritanya, tetap puja Erdogan dan kerang ajaib. (SFA)

Sumber: Akun Facebook Denny Siregar

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: