Eropa

Der Spiegel: Intelijen Jerman Gagal “Nguping” Pembicaraan Kerry

01 Maret 2016

JERMAN, SALAFYNEWS.COM – Majalah “Der Spiegel” melaporkan bahwa badan intelijen luar negeri Republik Federal Jerman pernah mencoba untuk menguping pembicaraan telepon Menteri Luar Negeri AS John Kerry, namun gagal setelah stafnya melakukan kesalahan.

Majalah Der Spiegel mengutip beberapa sumber pemerintah Jerman yang khusus menangani hal tersebut, menulis bahwa pada hari Sabtu 27 Februari seorang staf tidak dapat membedakan antara kode nomer saluran telepon Amerika Serikat dan kode nomer saluran telepon negara Afrika, tanpa menyebutkan nama negara itu, setelah badan intelejen luar negeri Republik Jerman memasukkan telepon Menteri Luar Negeri AS dalam daftar beberapa pejabat yang harus disadap teleponnya pada tahun 2013.

Namun, “Der Spiegel” menyebutkan bahwa penyadapan telepon Kerry bisa dilakukan secara tidak langsung melalui penyadapan pada ponsel pejabat lainnya di Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Badan Intelijen Federal Jerman itu hingga tahun 2013 setidaknya telah berhasil menguping beberapa diplomat dari beberapa negara Barat, termasuk Kedutaan Besar Amerika Serikat di Sudan dan kamp militer Amerika Serikat di Afghanistan, termasuk diantaranya mantan Komisaris Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Catherine Ashton. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: