Internasional

DK PBB Kutuk Penggunaan Kekerasan Seksual Di Medan Perang

DK PBB, Salafynews.com – Para anggota dari DK PBB mengungkapkan keprihatinan mereka serta mengutuk berbagai aksi kekerasan seksual, termasuk kasus perbudakan seksual dan pernikahan paksa serta berbagai kekerasan seksual lainnya yang digunakan sebagai metode ataupun taktik dalam medan perang di Suriah dan Irak.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Jum’at((28/8) kemarin, Dewan PBB itu menekankan bahwa tindakan semacam itu adalah “menjijikkan”, dan meminta semua pihak yang terlibat dalam konflik bersenjata untuk mengambil semua langkah yang bisa dilakukan untuk mlindungi warga sipil dari kekerasan seksual. Ke-15 anggota Dewan Keamanan PBB memperingatkan bahwa perkosaan dan bentuk-bentuk lain dari kekesasan seksual dalam konflik bersenjata adalah “kejahatan perang” dan merupakan “pelanggaran serius” terhadap konvensi Jenewa.

Mereka juga mendesak masyarakat Internasional untuk tetap bersatu dalam tujuan yang sama yaitu menangkap mereka yang bertanggung jawab terhadap kejahatan semacam itu. lebih lanjut lagi, mereka menggaris bawahi perlunya semua pihak di kawasan, disaat menerapkan kebijakan kontra terorisme, membangun perdamaian dan resolusi konflik untuk juga memperhitungkan pentingnya pemberdayaan perempuan serta perlindungan wanita dan anak-anak dari resiko kekerasan seksual.

Para anggota Dewan dalam pernyataannya juga mengungkapkan perlunya mengakhiri konflik di kawasan dalam rangka mengurangi kesempatan terjadinya kekerasan seksual. Anggota Dewan Keamanan PBB juga mengakui upaya negara-negara tetangga dalam melindungi pengungsi, termasuk dari kekerasan seksual, dan menyerukan kepada masyarakat internasional untuk berkontribusi dalam program kemanusiaan PBB untuk Suriah dan Irak.

Awal pekan ini, Dewan Keamanan PBB tersebut mendengarkan laporan mengenai kekerasan seksual yang terjadi di kawasan dari Wakil Khusus Sekretaris Jenderal untuk Kekerasan Seksual dalam Konflik, Zainab Bangura dalam kunjungannya ke Timur Tengah. (lm/kuna/Sfa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: