Internasional

DK PBB Minta Pihak Bertikai Di Libya Raih Kesepakatan

Salafynews.com, MAROKO – Dewan Keamanan PBB  meminta semua faksi  yang bersaing di Libya untuk menerima draft perjanjian PBB dan membentuk pemerintah persatuan dalam upaya untuk menyelesaikan konflik yang sedang berlangsung di negara Afrika Utara tersebut.

DK PBB pada Rabu (17/6) kemarin,  menggaris bawahi “urgensi bagi pihak-pihak Libya untuk menyetujui  sebuah  Pemerintahan Nasional” dan “dengan positif” mau meninjau draft yang diusulkan oleh utusan khusus PBB untuk Libya, Bernardino Leon, awal bulan ini sewaktu  pembicaraan di Maroko.

Dialog Damai DKK PBB LibyaParlemen Libya sempat menghentikan  negosiasi yang ditengahi PBB pekan lalu sebagai protes atas rencana yang bagi mereka adalah berarti pembagian kekuasaan dengan para pesaingnya.

Para anggota dewan mengatakan perjanjian tersebut sangat penting untuk mengakhiri krisis  politik, keamanan dan  institusional Libya, dan untuk menghadapi ancaman meningkatnya terorisme.

Mereka juga menggaris bawahi bahwa sebaiknya tidak ada solusi militer terhadap krisis di Libya, di tempat di mana kedua pemerintah yang bersaing berusaha untuk mempertahankan wilayah kekuasaan masing-masing di negara itu.

Milisi Fajar Libya (Libya Dawn)  yang setia kepada pemerintahan di Tripoli  menyambut baik kesepakatan yang diusulkan, namun mengatakan perlu adanya “modifikasi” yang dibuat sebelum pihaknya  menandatangani versi final dari kesepakatan.

Pemerintah yang diakui secara internasional di Libya itu, bagaimana-pun juga, telah menyuarakan “ketidaksenangan” terhadap bagian-bagian dari draft perjanjian PBB dan perubahan yang disarankan.

Negara Afrika Utara, Libya,  jatuh ke dalam kekacauan setelah penggulingan mantan penguasa Muammar Khadafi pada tahun 2011, yang kemudian memunculkan berbagai milisi bersenjata berat dan perpecahan politik yang mendalam.

Setelah bertahun-tahun berada dalam pertempuran internal, ibukota Tripoli kini berada di bawah kendali milisi Fajr, sedangkan timur kota Tobruk adalah rumah bagi pemerintah yang diakui secara Internasional. (SFA/LM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: