Internasional

DK PBB Serukan Gencatan Senjata Baru di Yaman

Salafynews.com – Dewan Keamanan PBB, Selasa (2/5),  mendukung seruan Sekjen PBB Ban Ki-moon untuk mengadakan gencatan senjata kemanusiaan baru di Yaman dan mendesak perundingan damai dimulai sesegera mungkin.

15 anggota dewan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan secara bulat menunjukkan kekecewaan  mendalam atas penundaan perundingan damai yang dijadwalkan pekan lalu di Jenewa.

Menurut sumber diplomatik, batas waktu baru untuk negosiasi ini akan ditentukan segera, dan kemungkinan besar akan diadakan tanggal 10 Juni.

Anggota Dewan Keamanan dalam pernyataan mereka mendukung seruan Sekretaris Jenderal PBB untuk mengadakan gencatan senjata kemanusiaan lainnya demi memungkinkan penyaluran bantuan kepada rakyat Yaman sesegera mungkin.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan,”Negosiasi di Wina harus diadakan tanpa syarat.”

PBB gagal menyelenggarakan putaran pertama pembicaraan Yaman di Jenewa pada 28 Mei lalu untuk tujuan keluar dari krisis.

Koalisi militer pimpinan Arab Saudi sejak 26 Maret lalu melanjutkan agresi terhadap Yaman dan membombardir daerah-daerah sipil dan infrastruktur yang mengakibatkan ribuan korban tewas dan terluka serta menghancurkan ribuan rumah.

Sekelompok aktivis HAM Internasional dan organisasi masyarakat dari berbagai penjuru dunia telah bertulis surat kepada Ban Ki-moon, Sekretaris Jenderal PBB, dan menyatakan kekhawatiran mendalam terhadap situasi kemanusiaan yang mengerikan di Yaman akibat agresi Saudi.

Surat itu ditandatangani oleh 53 individu dan organisasi, dan menuntut segera penghentian serangan brutal serta kemudahan akses bantuan kemanusiaan ke Yaman.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh PBB, hampir 9 juta warga Yaman ( lebih dari sepertiga total penduduk Yaman ) sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan segera dan perhatian organisasi hak asasi manusia atas situasi tragis yang dialami oleh rakyat Yaman dan pengungsian ratusan orang di negeri ini akibat serangan intensif Saudi. (jb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: