Umum

Dokumen Kemenlu Saudi Ungkap Rencana Qatar Kuasai Yaman

Salafynews.com, DOHA – Qatar telah mengalokasikan dana sebesar 250 juta dolar untuk menciptakan kerusuhan di Yaman. Hal ini ditunjukkan oleh salah satu surat kawat kementrian Luar Negeri yang dirilis Pasukan Cyber Yaman setelah peretasan terhadap Kemenlu Saudi Mei lalu.

Dokumen tersebut tertanggal 31 Januari 2012 dan ditulis oleh Dubes Saudi untuk Yaman yaitu Ali bin Hamdan kepada mantan Menlu Saudi, Saud al-Faisal.

“Saya informasikan kepada anda bahwa kami telah menerima beberapa informasi dari sumber-sumber berbeda yang mengatakan bahwa Qatar telah menghabiskan sejumlah besar uang untuk menciptakan kerusuhan dan mengganggu kestabilan politik di Yaman serta telah mengalokasikan dana sebesar 250 juta dolar untuk hal ini,” demikian bunyi surat tersebut.

surat kawat

Surat kawat Ali bin Mohammed al-Hamdan kepada mantan Menlu Saudi, Saud al-Faisal.

Dokumen tersebut juga menyatakan bahwa rencana Qatar itu didukung oleh Syekh Hamid al-Ahmar, seorang pebisnis asal Yaman dan merupakan salah satu musuh bebuyutan dari mantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh yang berusaha membujuk militer Yaman dan kepolisiannya agar mau membangkang dari tanggung jawabnya dan juga dari otoritas-otoritas terkait.

Akhir Mei lalu, Pasukan Cyber Yaman merilis sebagian kecil informasi-informasi serta dokumen-dokumen yang berhasil diretas dalam serangan cybernya terhadap Kemenlu, Kemenhan dan Kemendagri Saudi Arabia.

Menyusul peretasan pada bulan Mei, Pasukan Cyber Yaman kemudian mengirim salinan informasi yang didapat kepada FNA dan website whistleblower WikiLeaks.

Kelompok tersebut mengklaim berhasil meretas akses jaringan Kementrian Urusan Luar Negeri Saudi (MOFA) dan memiliki kendali penuh terhadap 3000 komputer, server-servernya dan juga ribuan penggunanya. Mereka juga mengklaim memiliki akses terhadap email-email yang berisi informasi baik personal ataupun informasi-informasi dari ribuan staff dan diplomat dalam berbagai misi mereka di seluruh dunia. [SFA] 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: