Internasional

Drone AS Tewaskan 5 Warga Pakistan

Islamabad, Salafynews.com – Menurut seorang petugas keamanan, Sebuah drone pembunuh Amerika Serikat telah menewaskan sedikitnya lima orang di barat laut wilayah pedalaman Pakistan yang dekat dengan Afghanistan, Sabtu(16/5)

“Drone AS itu menargetkan kompleks millitan dan membunuh empat pemberontak,” ungkap Pejabat Keamanan Pakistan yang tak mau disebutkan namanya seperti dilansir AFP.

Serangan itu terjadi di Warokey Mandi, distrik Shawal, Waziristan Utara, dimana Pasukan Militer Pakistan melancarkan operasi penyerangan terhadap Thaliban semenjak Juni tahun lalu.

Pejabat itu menambahakan bahwa identitas korban serangan drone itu belum diketahui sementara pejabat keamanan yang lain mengkonfirmasi kebenaran serangan tersebut dan juga jumlah korbannya.

Menurut penemuan Biro Investigasi Journalisme yang berbasis di London, serangan tersebut merupakan serangan drone pembunuh yang ke delapan di sepanjang tahun ini, menyebabkan 37 hingga 49 orang tewas. Biro tersebut juga menyatakan bahwa serangan serupa bahkan sampai 25 kali terjadi di sepanjang tahun 2014.

Korban serangan Drone

Korban serangan Drone AS

Lebih lanjut, laporan lain juga sudah disiapkan oleh anggota parlemen Pakistan yang menyatakan bahwa 2.199 orang telah tewas dan 282 lainnya mengalami luka-luka akibat serangan drone Amerika ke Pakistan selama 10 tahun terakhir.

Ditambahkan pula, hampir 210 rumah dan 60 kendaraan mengalami kerusakan oleh serangan itu. Bagaiamanamun, menurut aktivis HAM, Islamabad tidak mengeluarkan jumlah sebenarnya dari angka kematian tersebut. Banyak yang percaya bahwa angka kematian kemungkinan adalah 3000 atau 4000.

Washington mengklaim bahwa target serangan drone nya adalah militant anti AS. Tapi masyarakat pada umumnya meragukan klaim tersebut, dan mengatakan bahwa biasanya penduduk sipil yang menjadi korban serangan semacam itu.

PBB dan beberapa organisasi Hak Asasi Manusia telah mengidetifikasi Amerika Serikat sebagai pelaku “targeted killings” nomor satu di dunia. Sebagian besarnya dilakukan di Pakistan dan Afghanistan. (is)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: