Internasional

Dunia Internasional Menyerukan Dialog Damai di Yaman

Salafynews.com – Agresi Arab Saudi yang didukung sejumlah negara Arab di Yaman menuai reaksi keras sejumlah negara dan dianggap tidak memiliki dasar hukum di tingkat internasional. Beberapa pemimpin menyerukan dialog damai sebagai langkah tepat penyelesaian krisis di Yaman.

Wakil menteri luar negeri Iran, Moerteza Sarmadi menegaskan bahwa Iran mendukung diadakannya dialog yang disponsori oleh negara netral seperti kesultanan Oman. “Kami sangat berharap terwujudnya dialog antar faksi-faksi politik di Yaman, karena masing-masing pihak tidak mungkin dapat memimpin sendiri pemerintahan dan tidak akan berhasil.” ujarnya.

Sementara itu juru bicara Kepresiden Turki, Ibrahim Qalin, di sela-sela konfrensi pers yang diadakan senin (6/4/2015) di Ankara menjelaskan, “Kita telah memasuki hari ke 12 operasi udara (Badai Penghancur) yang dipimpin Arab Saudi, dan secara intensif kami tetap melanjutkan inisiatif kami untuk tujuan penyelesaian krisis yang dialami oleh negara Yaman melalui perundingan dan dialog politik.”

Menteri luar negeri Rusia, Sergey Lavroy, dalam wawancaranya dengan kantor berita Rusia mengatakan, “Pastinya kami merasa risau, jika ungkapan itu dirasa benar, karena operasi penyerangan ini dimulai tanpa konsultasi di Dewan Keamanan PBB.”

Lavroy mengajak seluruh pihak yang bertikai di Yaman untuk menghentikan tindakan-tindakan kekerasan yang telah memakan lebih dari 110 korban pada 24 jam terakhir, dan mengupayakan penyelesaian damai.”

Sabtu lalu, Rusia meminta “Jeda Kemanusiaan” di hadapan Majelis Umum PBB pada agresi yang dilancarkan oleh koalisi pimpinan Arab Saudi terhadap Yaman, mengingat bahwa kondisi kemanusiaan yang memprihatinkan di Yaman semakin mengkhawatirkan hari demi hari dan jumlah korban semakin bertambah. (ss)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: