Asia

Ekspor Minyak Rusia ke Beijing Ungguli Saudi

Rabu, 25 Mei 2016

SALAFYNEWS.COM, BEIJING  – Ekspor minyak Rusia ke Cina mencatat level cukup tinggi selama bulan lalu, mengungguli produsen terbesar dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) Saudi, dimana volume pengiriman minyak Rusia mencapai sekitar 4.81 metrik juta ton.

Data Administrasi Bea Cukai milik Republik Rakyat Cina (RRC), Senin (23/05), menunjukkan bahwa impor minyak mentah dari Rusia ke Cina melonjak 52,4 persen pada bulan April dibanding  kuartal yang sama tahun lalu yang mencapai 1,17 juta barel per hari. Melampaui rekor sebelumnya 1,13 juta barel per hari pada bulan Desember. (Baca: Hadang Kapal Selam AS, China Bangun Dinding Bawah Laut)

Sebaliknya, impor minyak mentah dari Saudi ke Cina  pada bulan April lalu menurun sebesar 22 persen dibanding dengan tahun sebelumnya yang mencapai 4,12 juta ton, tercatat bahwa selama bulan lalu Arab Saudi dan Rusia serta Angola adalah tiga eksportir minyak utama  ke Cina.

Laporan dari Badan Energi Internasional menunjukkan bahwa pada akhir tahun 2015, Rusia telah mengungguli Arab Saudi dalam ekspor minyak ke Cina.

Ekspor minyak Rusia ke Cina mencapai lebih dari dua kali lipat selama lima tahun terakhir, meningkat 550 ribu barel per hari, selain itu tercatat bahwa Moskow dan Beijing telah memperkuat  kerjasama di bidang energi, di samping berbagai proyek lainnya yang bernilai miliaran dolar. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: