Eropa

Erdogan Tusuk Saudi Tiga Kali dari Belakang

7 Januari 2016

ANKARA, SALAFYNEWS.COM – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menusuk Arab Saudi dari belakang sebanyak tiga kali, dengan cara memisahkan diri dari Monarkhi itu dalam beberapa situasi penting baik di bidang politik maupun diplomatik.

Tusukan yang pertama, adalah saat Turki menolak untuk memberikan dukungan kepada koalisi Arab berupa legitimasi perang di Yaman. Sementara dukungan yang dijanjikan kepada Riyadh berupa informasi dan koordinasi pada tingkat intelejen, hanya sebatas janji dan hanya sebatas pernyataan yang didengungkan.

Tusukan kedua, saat putra Mahkota dan Menteri Pertahanan Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, mengumumkan pembentukan “koalisi militer Islam anti terorisme” yang mencakup 34 negara Islam termasuk Turki. Namun pada hari berikutnya Kementrian Luar Negeri Ankara menyatakan tidak mengetahui adanya pembentukan koalisi tersebut yang dipimpin oleh Riyadh.

Tusukan ketiga, terungkap saat terjadinyan krisis antara Saudi dengan Iran baru-baru ini, menyusul eksekusi mati terhadap seorang ulama karismatik Sheikh Nimr Al-Nimr. Eksekusi itu mengakibatkan penyerbuan para demonstran ke konsulat Riyadh di Iran.

Sementara, negara-negara Arab mengutuk tindakan tersebut, dan Republik Islam Iran mengatakan siap bertanggung jawab untuk melindungi konsulat diplomatik itu.

Sementara pemerintahan Erdogan berada dalam keheningan dan diam tanpa ada keterangan apapun terkait insiden itu dan tidak mengecam insiden tersebut.  Setelah muncul pengumuman dari Menteri Luar Negeri Saudi, Adel al-Jubeir, baru muncul pernyataan dan itupun sangat singkat dari pemerintah Kehakiman dan Pembangunan melalui juru bicara atas nama pemerintah Dawood Oglu.

Ia hanya menegaskan bahwa ketegangan antara Arab Saudi dan Iran akan meningkatkan ketegangan di Timur Tengah, dalam kesempatan itu ia sama sekali tidak menyampaikan kecamannya atas perilaku Iran dan juga tidak menyampaikan dukungannya kepada pemerintah Saudi. [Sfa/AS]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: