Eropa

Europol; 30.000 Orang Terlibat Dalam Kelompok Penyelundupan Manusia

Salafynews.com, DENHAAG – Sebanyak 30.000 orang kemungkinan terlibat dalam kelompok perdagangan manusia yang meminta bayaran ribuan euro kepada para pencari suaka guna menyelundupkan mereka dengan melakukan perjalanan berbahaya menuju Eropa. Hal ini dungkap oleh seorang kepala polisi Eropa sebagaimana dikutip Reuters pada hari Rabu(16/9) kemarin.

Pengungsian

“Tahun ini saja kami telah berhasil mengumpulkan info bahwa lebih dari 30.000 tersangka kejahatan kriminal dan rekan mereka,” ungkap Rob Wainwright.

Menurut Wainwright, penemuan 71 mayat di bagian belakang sebuah truk di Austria bulan lalu telah menyebabkan Europol melakukan operasi besar-besaran dalam menyelidiki penyelundupan manusia dan berhasil mengidentifikasi sejumlah besar tersangka. (Baca Ahli Forensik; Sekitar 70 Mayat Pengungsi dalam Truk telah Meninggal di Hungaria)

Gelombang orang-orang yang mengungsikan diri dari konflik-konflik di Timur Tengah dan Afrika telah membuat Eropa bergelut dengan krisis pengungsi terburuk yang pernah dihadapinya sejak Perang Dunia Kedua dan memberi peluang menguntungkan bagi para penyelundup manusia.

Europol merupakan badan khusus kriminalitas Uni Eropa yang didirikan pada tahun 1999. Tujuan utama europol adalah untuk meningkatkan efektivitas dan kerjasama antara otoritas berwenang dari anggota, terutama dengan berbagi dan mengumpulkan intelijen untuk mencegah dan memberantas kejahatan terorganisir internasional yang serius. (SFA/LM/RT)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: