Eropa

Fans Rusia Ditahan, Kemenlu Berang dan Panggil Dubes Perancis di Moskow

Jum’at, 17 Juni 2016,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Pihak Kementerian Luar Negeri Rusia, Rabu (15/06), mengumumkan pemanggilan duta besar Perancis di Moskow tentang masalah penahanan sekelompok fans Rusia di Perancis dan telah diserahkan sebuah nota protes kepada Perancis. (Baca: Menteri Keuangan Perancis Ungkap Tiga Sumber Keuangan ISIS)

Menurut pernyataan kementerian luar negeri dalam hal ini bahwa “pada tanggal 15 Juni, telah dipanggil duta besar Perancis di Moskow, Jean-Maurice Ripert, dan telah diserahkan kepadanya nota protes atas penahanan sekelompok fans Rusia saat perjalanan mereka dari Marseille ke Lille untuk menonton pertandingan kejuaraan Euro 2016 sebagai bentuk partisipasi mereka kepada tim sepak bola Rusia.”

Kementerian Luar Negeri itu menyatakan bahwa tidak adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada kantor konsulat Rusia di Perancis terkait permasalahan fans Rusia hal ini yang tidak dapat kami terima. (Baca: Penulis Inggris: Perancis dan Inggris Bertanggung Jawab Atas Penyebaran ISIS)

Ditambahkan pula bahwa jelas sekali ini sikap yang memicu anti-Rusia terkait partisipasi fans kepada tim nasional Rusia di kejuaraan sepak bola Eropa akan dapat berdampak retaknya hubungan Rusia-Perancis. Sebuah Pernyataan bahwa “kasus ini pemicu anti-Rusia terkait keikutsertaan tim nasional Rusia di kejuaraan sepak bola Eropa akan menyulitkan secara signifikan suasana hubungan Rusia-Perancis”.

Kementerian Luar Negeri Rusia meminta kepada pihak berwenang Perancis untuk memberikan perhatian serius terhadap situasi ini secepat mungkin -melalui cara hukum yang beradab dan proporsional- untuk menyelesaikan masalah nasib sejumlah warga Rusia yang ditahan tersebut. (SFA)

Sumber: Arabic.SputnikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: