Internasional

GAWAT.. Arab Saudi Darurat Nasionalisme

12 Februari 2016,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH-SAUDI ARABIA – Beberapa anggota Dewan Syura Saudi, kemarin (11/02), mengurangi peran para pengkhotbah yang naik ke atas mimbar-mimbar di beberapa Masjid Agung di dalam negeri, karena sejumlah pengkhotbah dituduh telah mengobarkan kebencian dan lalai memberikan dukungan bagi kepentingan  nasional, selain itu diserukan perlunya partisipasi para spesialis sosial, dan ekonomi serta media untuk menyusun muatan pidato yang sesuai dan memilih topik yang pas. (Baca: Arab Saudi Jantung Terorisme Global)

Anggota dewan merasa bahwa banyak pengkhotbah yang sama sekali tidak menyentuh kebutuhan masyarakat, dimana beberapa dari mereka mengabaikan peran tentara Saudi yang ditempatkan di daerah perbatasan yang mereka sebut sebagai  “penjaga tanah air” dan malah mengangkat kedua tangan sembari mendoakan beberapa negara lain seperti Suriah dan Irak. Para pengkhotbah dituntut untuk ikut berperan lebih aktif dan menghentikan pidato yang bermuatan kebencian.

Salah satu anggota dewan selama pertemuan pada hari Selasa kemarin menyebutkan bahwa  sebagian mereka yang berdiri di atas mimbar berusaha menyulut kebencian dan merusak nama baik negeri. Dewan menyetujui tausiah yang disampaikan oleh Hamid Sharari yang menuntut Kementerian Urusan Agama dan Perwakafan untuk memperkuat koordinasi dengan beberapa universitas dalam negeri dan mengadakan acara pelatihan yang memadai bagi para imam shalat dan pengkotbah di Masjid-masjid Agung, diberitakan oleh koran Al-Hayat (11/02). (Baca: Kuliah Umum Friedman di Kampus Riyadh: Islam Radikal Tidak Datang dari Iran Melainkan Arab Saudi)

Sementara anggota yang lain bernama Ali Al-Tamimi menegaskan akan pentingnya memperhitungkan keadaan dan menyatukan barisan di dalam negeri serta mengawasi secara menyeluruh adanya penyampaian terkait menyulut kebencian di beberapa Masjid. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: