Amerika Latin

Gembong Narkoba Kelas Kakap Meksiko Kabur Dari Penjara

Salafynews.com, MEKSIKO Terpidana Meksiko, seorang gembong narkoba kelas kakap, Joaquin Guzman, berhasil meloloskan diri dari penjara dengan keamanan maksimum di negara itu. Berhasilnya Guzman untuk melarikan diri ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya ia juga sempat berhasil melarikan diri dari tahanan kepolisian Meksiko, padahal otoritas negara itu berjanji peristiwa yang sama tak akan terjadi lagi menyusul penangkapan kembali Guzman di tahun 2014.

Joaquin Guzman, Bandar Narkoba Kelas Kakap Meksiko

Sebuah perburuan besar-besaran diluncurkan di sepanjang jalur perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko, pada hari Sabtu malam (11/7) kemarin, menyusul menghilangnya pemimpin kartel Sinaloa  berbahaya, yang dilaporkan memiliki jaringan dan kendali Internasional dalam lalu-lintas utama perdagangan narkoba itu.

Otoritas Meksiko pada hari Minggu (12/7) pagi kemarin mengumumkan bahwa 18 sipir penjara kini sedang dalam proses interogasi terkait pelarian Guzman.

Menurut pernyataan Komisi Keamanan Nasional Meksiko dalam sebuah pernyataannya, Guzman yang juga dikenal dengan nama El Chapo, terakhir terlihat sekitar pukul sembilan malam waktu setempat di hari Sabtu, didekat area kamar mandi umum penjara Altiplano, sebelah barat kota Meksiko.

Menurut laporan, semua jadwal penerbangan di Bandara Toluca didekat penjara dimana Guzman ditahan, telah ditunda. Jalan-jalan di sekitar penjara juga kini berada dibawah  patroli ketat Kepolisian Federal.

Kartel narkoba Sinaloa pimpinan Guzman menyebar ke seluruh Amerika Utara,  Eropa dan Australia.
Jaksa Agung Amerika Eric Holder  mengatakan kegiatan kriminal Guzman diduga mengarah ke penyebab kematian dan kehancuran jutaan orang akibat kecanduan narkoba, kekerasan dan korupsi.

Kartel Sinaloa selama ini berkuasa dalam perang brutal dengan kartel lain atas rute-rute penyelundupan Narkoba di Meksiko utara. Sudah hampir 80 ribu orang tewas dalam kekerasan terkait narkoba sejak awal 2000-an, termasuk kasus pembunuhan dan pemenggalan. Mantan Presiden Felipe Calderon mengerahkan tentara untuk mengadili dan menumpas kekerasan itu.

Majalah Forbes menempatkan Guzman dalam daftar orang paling berkuasa di dunia, dengan menyatakan kekayaannya lebih dari US$1 miliar.  Polisi Meksiko menangkap Guzman pada 2001, tetapi ia lolos dari penjara dengan pengamanan ketat dalam truk cucian. (SFA/LM/PressTv)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: