Amerika Latin

Gempa 6,8 Skala Richter Goyang Chili

CHILI, Salafynews.com – Sebuah gempa berkekuatan 6,8 skala richter melanda Chili pada Sabtu (7/11/2015) dini hari. Beruntung, tidak ada kerusakan atau korban cedera akibat bencana alam tersebut.

Menurut Institute Seismologi dari Uviversity of Chili, gempa bumi tersebut terjadi di wilayah Coquimbo pada kedalaman 47,8 km. Angkatan Laut Chile sempat mengeluarkan peringatan tsunami kecil untuk daerah pesisir di dekat pusat gempa sebagai tanda antisipasi, namun kemudian dibatalkan, seperti dikutip dari laman Xinhua.

Sementara itu, kantor Darurat Nasional Chili (ONEMI) mengatakan sejauh ini belum ada laporan tentang korban atau kerusakan infrastruktur akibat gempa tersebut.

Belum lama ini, tepatnya pada bulan September lalu, Chili juga sempat diguncang gempa dahsyat dengan yang berkekuatan 8,3 skala richter yang kemudian disusul oleh tsunami. Saat itu, 11 orang meninggal dan sekitar 1.000 orang mengungsi.

Chili adalah salah satu negara yang paling rawan gempa di seluruh dunia dan bangunan-bangunan dirancang untuk menahan gempa. Selain itu, negara ini telah lama mendirikan sistem rekayasa antiseismic yang berlaku teknik yang dikenal sebagai isolasi seismik untuk melindungi struktur dari judders bumi.

Pada bulan September, Chili dilanda gempa berkekuatan 8,3 skala Richter, menewaskan 15 orang tewas dan lebih dari 16.000 lainnya kehilangan tempat tinggal.

Sementara itu, pada tahun 2010 gempa berkekuatan 8,8 skala Richter tercatat sebagai salah satu gempa yang terkuat yang pernah terjadi. Gempa bumi dan tsunami itu menewaskan lebih dari 500 orang, dan menghancurkan 220.000 rumah dan menghanyutkan dermaga, riverfronts dan resor tepi laut.

Chili terletak pada apa yang disebut sebagai “Ring of Fire” – busur garis patahan yang mengelilingi Basin Pasifik dan rentan terhadap gempa bumi berulang serta letusan gunung berapi. (SFA/PTV)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: