Eropa

Georgia Eksekusi Mati Narapidana Tertua

3 Februari 2016

GEORGIA, SALAFYNEWS.COM – Negara bagian Georgia telah mengeksekusi mati narapida tertua sebelum ulang tahunnya yang ke-73 setelah pengadilan menolak permintaannya untuk tetap di Penjara.

Brandon Jones dihukum mati pada Rabu (3/02) pukul 00:46 dengan disuntik mati di Georgia Department of Corrections di Jackson.

Pria Afrika-Amerika telah menghabiskan lebih dari 36 tahun di balik jeruji besi. Ia dihukum atas tuduhan pembunuhan seorang manajer toko Atlanta, Roger Tackett, pada tahun 1979.

pengacara Jones telah ‘mengajukan banding dan terlambat memblokir eksekusi, termasuk Mahkamah Agung AS, tapi mereka semua menolak.

Kritikus mengatakan kasusnya menunjukan “hukuman ganda” dalam sistem peradilan pidana Amerika Serikat di mana beberapa terpidana mati menghabiskan puluhan tahun dalam kurungan tersendiri sebelum akhirnya dieksekusi.

“Kasus Jones menimbulkan pertanyaan proporsionalitas dan aplikasi diskriminatif dari hukuman mati,” Death Penalty Information Center, sebuah organisasi non-profit yang menyediakan analisis dan informasi hukuman mati di AS, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Dia dan rekan terdakwa Van Solomon – Afrika Amerika – dijatuhi hukuman mati … karena membunuh seorang pegawai toko bensin berkulit putih selama perampokan,” tambahnya.

Sementara itu, saat ini ada 75 terpidana mati di Georgia, yang ditangguhkan eksekusi mati selama beberapa bulan tahun lalu menyusul kontroversi atas obat yang digunakan dalam suntikan mematikan tersebut. [Sfa/AB/Ptv]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: