Asia

Ghasemi: Ingatkan Kegagalan Arab Saudi Dalam Menjaga Keamanan Jamaah Haji

Rabu, 7 September 2016

SALAFYNEWS.COM, TEHRAN – Juru Bicara Kementrian Luar Negeri Iran, Bahram Ghasemi menyatakan, Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Nayef telah lari dari tanggung jawabnya, ia juga menekankan bahwa pemerintah Arab Saudi harus mengingat kegagalan tahun lalu dalam menjaga keamanan bagi para jamaah haji dan bertanggung jawab atas tragedi Mina.

Berdasarkan kantor berita Iran “Fars”, Ghasemi baru-baru ini menyatakan dengan pernyataan yang berulang-ulang bahwa Putra Mahkota Mohammed bin Nayef telah lari menyelamatkan diri. Ia juga menambahkan, Pemerintah Saudi berulang kali mengeluarkan tuduhan palsu yang mereka sebut dengan politisasi Haji Iran, dan mereka berusaha untuk memindahkan permainan ini dan menghilangkan tanggung jawab penting mereka yang sudah mereka hindari sejak tahun lalu.

Ghasemi mengatakan bahwa Putra Mahkota Saudi yang selalu menekankan tentang urgensinya menjaga keamanan  jamaah haji, justru harus mengingat kembali kegagalan pemerintahnnya dalam menjaga keamanan para jamaah haji tahun lalu, dan ia juga harus bertanggung jawab atas tragedi Mina yang menyakitkan yang membuat orang-orang berduka. Para penguasa Saudi yang hari ini mengklaim sebagai penjaga ajaran Islam, seharusnya mengadili dengan tegas pihak-pihak yang bertanggung jawab atas hilangnya nyawa-nyawa jamaah haji yang tidak bersalah, yang seakan-akan nyawa mereka tidak berharga, bahkan mereka juga melarang pembentukan Tim Pencari Fakta Internasional untuk menyelidiki tragedi Mina tersebut.

Juru bicara Kementrian Luar Negeri Iran, juga  menyanyangkan pernyataan tidak logis yang dilontarkan Putra Mahkota  Saudi. Ia menegaskan bahwa semua ini adalah hasil kegagalan Saudi dan ketidakmampuannya dalam penyelenggaraan haji dan terjadinya tragedi kemanusiaan yang besar dalam ritual ini menjadi tanggung jawab para penguasa Saudi, yang sama sekali tidak mengungkapkan penyesalan atas tewasnya ribuan tamu Baitul Haram. Mereka justru secara langsung dan tidak langsung menipu bangsa-bangsa Muslim di kawasan dengan permainan politik mereka.

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Nayef telah menuduh Iran mengganggu keamanan penyelenggaran haji dan para jamaahnya, ini adalah sesuatu yang tidak berdasar dan hanya berusaha mengalihkan isu tanggung jawab haji atas tragedi berdarah di Mina. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: