Amerika

Gulen: Erdogan Kejam Seperti Hitler

Senin, 18 Juli 2016,

SALAFYNEWS.COM, PENNSYLVANIA – Sahabat yang juga sekaligus musuh besar Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Fethullah Gulen, menyamakan pria berusia 62 tahun itu seperti pemimpin Nazi Jerman, yang kejam yaitu Adolf Hitler. Pernyataan ini dibuat untuk membalas tuduhan Recep Tayyep Erdogan kepada ulama kharismatik Turki itu. Pria yang saat ini mengasingkan diri di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) itu disebut oleh Erdogan sebagai dalang di balik upaya kudeta militer pada Jumat 15 Juli 2016 malam waktu setempat. Gulen beserta kelompoknya, Hizmet, dianggap oleh pemerintahan Ankara sebagai teroris. (Baca: Takut Rusia, Turki Dekati Israel)

“Sangat jelas bahwa ada sikap intoleran di antara pimpinan partai yang berkuasa dan presiden. Mereka menyita properti dan jaringan media dengan cara melecehkan mereka seperti halnya pasukan SS Hitler,” tutur Gulen, sebagaimana dikutip Russia Today, Minggu (17/7/2016). Sebelumnya, pria berusia 75 tahun itu menuduh Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) pimpinan Erdogan adalah dalang di balik upaya kudeta militer tersebut. Gulen menganggap tujuan dari upaya kudeta militer itu adalah untuk memelihara tuduhan kepada para pengikutnya dan juga pihak militer. (Baca: Yusuf Muhammad: Erdogan Dikudeta, Pendukung ISIS dan Khilafah Tidak Terima)

Hubungan Erdogan dan Gulen sebelumnya adalah sepasang sahabat. Fethullah Gulen adalah salah satu penasihat utama Erdogan dalam berbagai kebijakannya. Namun, sejak lingkaran dekat Erdogan diselidiki pada 2013 atas dugaan korupsi, ia mencap Gulen sebagai musuh pemerintah karena dianggap ingin menjatuhkan kekuasaannya saat itu. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: