Eropa

Hacker Ambil Alih Chip Rudal Patriot Turki

Salafynews.com, ANKARAHacker dilaporkan telah mengambil sistem pertahanan rudal Patriot milik Jerman yang ditempatkan di perbatasan Suriah, Selatan Turki.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh majalah berbahasa Jerman Behörden Spiegel pada Selasa (7/7) sistem yang dibangun AS terdiri dari enam peluncur dan dua radar, mengalami gangguan dan melakukan perintah.

Laporan itu, tidak memberikan informasi apapun tentang kapan perintah itu dilakukan dan apa yang mereka perintahkan.

Hacker Ambil Alih Baterai Rudal Patriot Turki

Angkatan Bersenjata Jerman (Bundeswehr) telah menempatkan sistem rudal Patriot di wilayah Turki sejak 2013 dalam upaya untuk melindungi Anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) terhadap spillover dari militansi asing yang beroperasi di Suriah.

Behörden Spiegel lebih lanjut mengatakan bahwa sistem rudal Patriot memiliki titik-titik lemah yang bisa dimanfaatkan oleh hacker.

Yang pertama adalah Sensor-Shooter-Interoperabilitas (SSI), yang bertanggung jawab untuk pertukaran informasi antara peluncur rudal dan sistem kontrol. Titik lemah lain adalah chip komputer yang mengendalikan senjata.

“Sistem ini tidak terkait dengan jaringan publik, mereka membutuhkan kode-kode khusus untuk menembakkan rudal, dan biasanya kode-kode itu dipegang oleh 2 atau 3 orang”, kata konsultan keamanan komputer Jonathan Schifreen.

Dia menambahkan, “Saya tidak berpikir itu benar-benar terjadi, bukan untuk mengatakan bahwa beberapa sistem ini tidak hack. Mungkin saja dengan beberapa cara dapat mendeteksi keberadaan, tapi hal itu membutuhkan keterampilan khusus”.

Rudal Patriot adalah sistem rudal pertama yang digunakan oleh tentara AS selama 30 tahun terakhir. (SFA/MM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: