Amerika

Hadang Kapal Selam AS, China Bangun Dinding Bawah Laut

Minggu, 22 Mei 2016

SALAFYNEWS.COM, BEIJING  –  Surat kabar “The Epoch Times” melaporkan bahwa China sedang mengembangkan sistem kontrol bawah laut (surveillance system), untuk tujuan merusak pergerakan armada laut Amerika di kawasan perairan Asia-Pasifik.

Proyek ini disebut sebagai “Underwater Great Wall Project” (dinding besar China bawah laut). Menurut  “The China State Shipbuilding Corporation” (perusahaan kontraktor proyek),  dengan sensor bawah air, target kapal juga kapal selam akan dapat ditelusuri secara langsung baik yang berada di permukaan maupun yang dibawah air. (Baca: Amerika Halangi China Bantu Suriah Perangi ISIS)

Perusahaan tersebut memberikan rincian proyek itu pada akhir tahun 2015, dalam sebuah pameran publik di Cina dan telah dirilis oleh majalah militer Inggris “IHS Jane”.

Di salah satu artikelnya, “IHS Jane” menulis: “Sistem itu akan dapat melemahkan pergerakan kapal selam Amerika dan memperkuat kontrol Cina di Laut Cina Selatan”. (Baca: Amerika Khawatirkan Pengaruh China di Kawasan Asia dan Timur Tengah)

Sistem kontrol Cina itu menyerupai sistem SOSUS, yang dikembangkan oleh Amerika Serikat pada tahun lima-puluhan untuk mendeteksi sejumlah kapal selam Soviet. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: