Internasional

Hadi al-Ameri; Turki Masih Mendukung ISIS

BAGHDAD, Salafynews.com – Komandan pasukan relawan Irak yang memerangi kelompok Takfiri ISIS mengatakan tidak ada bukti bahwa Turki telah mengubah sikapnya terhadap kelompok teroris, mereka masih mendukung militan.

“Turki tidak merubah sikapnya, operasi itu hanya dilakukan terhadap PKK (Partai Pekerja Kurdistan), yang melawan ISIS di Suriah,” kata Hadi al-Ameri, Senin (27/7/15).

Ameri membuat pernyataan setelah pertemuan antara Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dan sejawatnya dari Irak Ibrahim al-Jaafari di ibukota Irak, Baghdad.

Turki meluncurkan serangan militer terhadap target ISIS di Suriah dan PKK di Irak utara pekan lalu, sebagai balasan terhadap serangan bom ISIS di kota Suruç barat daya Turki yang merenggut nyawa sedikitnya 32 orang pada 20 Juli.

“Turki masih mendukung ISIS sampai sekarang,” kata Ameri, menambahkan “Saya pikir [serangan] yang dilakukan Turki untuk mendukung ISIS dan tidak seperti yang anda bayangkan”, kata Ameri.

Ankara menyalahkan PKK karena serangkaian serangannya terhadap pasukan keamanan dalam beberapa hari terakhir dan telah bersumpah akan memerangi ISIS, yang telah mengambil alih sebagian daerah di Suriah, Irak dan Libya.

Turki berjanji akan memerangi Takfiri ISIS meskipun laporkan menunjukkan bahwa Ankara aktif melatih dan mempersenjatai para ekstremis Takfiri yang beroperasi di Suriah dalam memerangi presiden Bashar Assad, dan juga memfasilitasi perjalanan yang aman bagi teroris asing ke negara Irak dan Suriah.

Tentara Irak telah bergabung dengan pasukan Kurdi, relawan Syiah dan Sunni dalam operasi untuk mendorong para teroris ISIS keluar dari daerah yang dikausai.

Sementara itu, Pasukan Kurdi yang terlibat dalam pertempuran melawan kelompok teroris ISIS di Suriah, menuduh Turki berkali-kali menyerang mereka di dekat perbatasan.

Pasukan dari Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) mengatakan, tank-tank Turki menyerang para pejuang di kawasan yang dikuasai Kurdi di sekitar kota Jarablus. Selain itu, salah satu kendaraan pasukan Kurdi tersebut diserang di dekat Kobani, Suriah utara. [PressTV/SFA]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: