Internasional

Hadiri Festival Kuda di Inggris, Raja Bahrain Absen dari KTT Obama

Salafynews.com – Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa absen dari KTT antara Negara-negara Dewan Kerja sama Teluk dengan Presiden AS Barack Obama, namun diperkirakan bergabung dengan Ratu Inggris Elizabeth untuk menghadiri festival kuda dekat London, menurut  wakil acara tersebut.

Analis dan pengamat Saudi Fuad Ibrahim mengatakan Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa tunduk pada keinginan Raja Saudi terkait representasi negaranya pada KTT Camp David antara Presiden AS dan para pemimpin negara-negara Teluk.

Pada kicauan akunnya di situs jejaring sosial Twitter, Ibrahim menegaskan,  pada  KTT Konsultasi Teluk di Riyadh ( 5 /5/) Saudi membujuk para pemimpin negara-negara Teluk Persia untuk mengurangi tingkat keterwakilan pada KTT Camp David dengan mengirim para putera mahkota.

Ia menambahkan bahwa Kuwait meminta maaf dan memutuskan Sheikh Sabah pribadi pergi atas dasar adanya  manfaat pada tahap mendatang yang memerlukan peran aktif, termasuk menghadapi terorisme dan pasca tahap kesepakatan nuklir.

Ibrahim menyinggung  bahwa Qatar juga meminta maaf, dan memutuskan Sheikh Tamim pribadi pergi atas dasar bahwa putera mahkota tidak cukup memenuhi syarat untuk mewakili delegasi, dan Qatar memiliki komitmen besar  dengan Washington.

Adapun Bahrain, Ibrahim mengatakan, “Raja merasa tertekan akibat keputusan Raja Salman, karena Al Khalifa melihat kesempatan emas untuk bertemu dengan Obama di KTT, telah meminta bertemu dengannya sejak  lima tahun.”

Analis ini menjelaskan Al Khalifa berharap untuk memfasilitasi agenda kesepakatan militer yang tertunda oleh Kongres sejak 2011, katanya.

“Raja Bahrain membujuk Salman untuk datang, tapi ditanggapi dengan penolakan tegas. Hal itu  menambah kekecewaannya hingga ia menampakkan kerisauannya  di hadapan menteri-menteri  dekatnya, dan mengatakan kepada mereka bahwa keputusan Arab Saudi tidak melayani masalah kita dalam menghadapi banyak tantangan, termasuk ISIS dan pengaturan pasca kesepakatan nuklir dengan Iran,” imbuhnya. (ss)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: