Eropa

Harga Minyak Dunia Anjlok, Ditengah Kesepakatan Nuklir

Salafynews.com, WINA – Harga minyak dunia anjlok di pasar internasional setelah Iran mencapai kesepakatan nuklir dengan P5 + 1 kelompok kekuatan dunia di ibukota Austria, Wina.

Pada hari Selasa (14/7/2015), Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate ditutup pada USD 51,15 per barel dibandingkan dengan penutupan Senin, AFP melaporkan.

Harga Minyak Dunia Anjlok ditengah Kesepakatan Nuklir Iran

Sementara itu, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Agustus juga kehilangan 75 sen, di 57,10 USD per barel di London pada penawaran sore.

Sanksi telah melumpuhkan produksi minyak Iran, mengurangi separuh ekspor minyak dan sangat membatasi proyek-proyek pembangunan baru. Selain itu, pencabutan sanski akan menciptakan pengaruh besar di industri, seperti perdagangan luar negeri dan investasi yang akan memungkinkan Iran melakukan efisiensi besar dan menurunkan biaya produksi.

Analis memperkirakan bahwa pelonggaran potensi sanksi akan menyebabkan harga minyak global turun lebih lanjut karena pasar telah memproduksi sekitar 2,5 juta barel per hari (bph) atau di atas permintaan.

“Kembalinya ekspor minyak Iran pasca pencabutan sanksi merupakan salah satu faktor yang memungkinkan merosotnya harga minyak” kata Thomas Pugh, ekonom komoditas di konsultan Capital Economics.

Analis menambahkan, “Namun, harga minyak juga akan terus diterpa perubahan sentimen terhadap komoditas pada umumnya, yang baru-baru ini dipengaruhi oleh perputaran di pasar saham China.”

Enam kekuatan dunia dan Iran secara resmi menyimpulkan lebih dari dua tahun perundingan maraton tentang program nuklir Iran di ibukota Austria, Wina, Selasa.

Pembicaraan bertujuan untuk mengakhiri 13 tahun kebuntuan atas program nuklir Iran.

Berdasarkan isi yang disepakati oleh kedua belah pihak, kekuatan dunia telah mengakui program nuklir sipil Iran, termasuk hak negara untuk siklus bahan bakar nuklir yang lengkap. Iran dan enam kekuatan juga sepakat bahwa semua sanksi ekonomi dan keuangan terhadap Iran akan dihapus melalui resolusi Dewan Keamanan.

Selain itu, semua larangan Bank Sentral Iran, pengiriman, industri minyak, dan banyak perusahaan lainnya akan terangkat dan miliaran pendapatan Iran yang diblokir akan dicairkan. (SFA/MM/PTV)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: