Nasional

Hari Ini Presiden Jokowi Lantik Jenderal Gatot Jadi Panglima TNI Dan Sutiyoso Jadi Kepala BIN

Salafynews.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (8/7) siang, di Istana Negara, Jakarta,   dijadwalkan akan melantik Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (saat ini Kepala Staf TNI AD) sebagai Panglima TNI, dan Letnan Jenderal (Letjen) TNI Purn. Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Sutiyoso-Gatot

Sutiyoso-Gatot

Sebelumnya Presiden Jokowi menegaskan bahwa seluruh persyaratan administratif yang dibutuhkan bagi pelantikan calon Panglima TNI dan Kepala BIN itu sudah lengkap.”Iya (dilantik bareng), tapi nanti,” kata Presiden Jokowi usai shalat taraweh di Istana Bogor, Minggu (5/7) malam.

Jenderal Gatot Nurmantyo akan menggantikan posisi seniornya Jenderal Moeldoko yang akan memasuki usia pensiun pada 1 Agustus mendatang, sementara Letjen Purn. Sutiyoso akan menggantikan posisi Kepala BIN sebelumnya, yaitu Letjen TNI Purn. Marciano Norman.

Sebelumnya pencalonan Gatot Nurmantyo dan Sutiyoso telah mendapatkan persetujuan dalam rapat paripurna DPR-REI, pada Jumat (3/7) lalu.

Sebelum dilantik sebagai Panglima TNI, Gatot yang lahir di Tegal, Jawa Tengah, pada 13 Maret 1960 menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ke-30. Jabatan itu disandangnya sejak 25 Juli 2014 setelah ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menggantikan Jenderal TNI Budiman.

Gatot adalah lulusan Akademi Militer tahun 1982. Dia berpengalaman di kesatuan infanteri baret hijau Kostrad. Gatot juga pernah menjadi Komandan Kodiklat TNI-AD, Pangdam V/Brawijaya, dan Gubernur Akmil. Saat ini, Gatot tercatat sebagai Ketua Umum PB FORKI periode 2014-2018. (SFA/MM/Setkab)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: