Internasional

Hashd al-Shaabi: ISIS Didanai Arab Saudi dan Negara Teluk

komandan-hashd-al-shaabi

Sabtu, 05 November 2016,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Komandan pasukan Hashd al-Shaabi mengatakan bahwa ISIS didanai Saudi dan Negara Teluk, ia juga menunjukkan bukti bahwa ISIS masuk ke Iraq melalui Suriah dan dimulai dari Turki. Ia menegaskan bahwa Hashd al-Shaabi akan mengumumkan dalam waktu dua hari berakhirnya tahap kedua operasi sumbu barat untuk pembebasan Mosul. (Baca: Pasukan Berani Mati Irak “Hashd al-Shaabi” Tantang Pasukan Turki)

Komandan pasukan Hashd al-Shaabi, Abu Mahdi Mohandes mengatakan bahwa kehadiran pasukan Turki di wilayah tertentu di Mosul bertujuan untuk mendukung ISIS sebagaimana dukungan-dukungan yang diberikan sebelumnya. Ia juga mengatakan bahwa sebenarnya ISIS didanai oleh Saudi dan negara teluk  dan ISIS masuk ke Iraq melalui Suriah dan dimulai dari Turki.

Mohandes mengatakan bahwa Hashd al-Shaabi dalam waktu dua hari akan mengumumkan berakhirnya tahap kedua operasi sumbu barat untuk pembebasan Mosul. Ia juga menjelaskan bahwa Hashd al-Shaabi di hari ke-6 operasi militernya berhasil memotong jalur pasokan ISIS antara Mosul dan Raqqah dan membebaskan 2000 km persegi wilayah Iraq, seperti dilansir oleh almayadeen (03/11).

Komandan pasukan ini mengatakan bahwa “ISIS tidak mampu menghadapi pasukan Iraq dan Hashd al-Shaabi, karena kami dengan semua pengalaman kami sebelumnya telah berhasil mematahkan kekuatan mereka dan mengalahkan mereka”. Dan ia mengungkapkan bahwa Turki berusaha untuk menjaga keberadaan ISIS di daerah-daerah, dan pemerintah Iraq telah menyarankan kepada Turki untuk tidak ikut campur dalam konflik Iraq dan agar Turki segera menarik pasukannya keluar dari wilayah Iraq. (Baca: Majalah Inggris: Kehadiran Al-Hashd Al-Sya’bi Penting Dalam Operasi Pembebasan Mosul)

Mohandes juga mengatakan bahwa “Negara khayalan ISIS antara Mosul dan Raqqah telah berakhir selamanya”. Ia menambahkan, “kami akan memutus sepenuhnya jalur antara dua kota tersebut sampai beberapa hari mendatang dan kami akan memberikan jalan untuk ISIS melalui Tal Afar. Ia menegaskan bahwa “Hashd al-Shaabi akan menyediakan jalur untuk ISIS di pusat Mosul jika pasukan Iraq memintanya dan merayap masuk menuju Tal Afar yang termasuk dalam rencana pemerintah untuk mengamankan jalur antara Baiji dan Qayyarah”. (Baca: Hasd Al-Shaabi Putus Jalur Pasokan ISIS ke Mosul)

Mohandes mengharapkan kehadiran teroris ISIS yang berkebangasaan Turki di Tal Afar barat Mosul. Ia mengaskan bahwa “pihak-pihak asing yang tergabung dalam ISIS terutama Saudi mencapai 15%”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: