Eropa

Hina Erdogan, Seorang Remaja Belasan Tahun Dipenjara

Salafynews.com, TURKI – Sebuah pengadilan di Turki telah menjatuhkan hukuman percobaan kepada seorang remaja belasan tahun yang telah menghina Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Pengadilan anak telah memvonis seorang siswa SMA 16 tahun, lebih dari 11 bulan kurungan hanya karena menyebut Erdogan pencuri saat demo Desember lalu. (Baca Erdogan, Representasi Kekejaman Dinasti Ottoman)

Terpidana adalah salah satu yang termuda bersama puluhan orang lain yang menghadapi penuntutan hukum yang melarang menghina presiden. Undang-undang juga telah menyebabkan penangkapan dan penuntutan beberapa selebriti Turki dan wartawan.

Sementara itu, kelompok HAM dan pendukung kebebasan mengkritik pemerintah Erdogan yang tengah berusaha mengkebiri demokrasi dan kebebasan berbicara. (Baca RSF; Erdogan Harus Berhenti Mengancam Wartawan)

Erdogan, mantan Perdana Menteri yang naik menjadi presiden tahun lalu, telah menghadapi ketidakpuasan rakyat Turki atas gaya kepemimpinannya yang otoriter. (Baca Erdogan Mengancam Wartawan Penyebar Video Truk Pembawa Amunisi ke Suriah)

Sementara itu, kasus ini bukan hal satu-satunya di Turki, banyak orang-orang dengan kasus serupa telah dipenjara di Turki karena membongkar skandal korupsi yang melibatkan orang-orang di lingkaran Erdogan. (SFA/PTV)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: