Asia

Hong-Kong Perketat Karantina MERS

Salafynews.com, Hong-Kong – Direktur Dinas Makanan dan Kesehatan Daerah Administrasi Khusus Hong Kong, Ko Wing Man menyatakan, Hong Kong akan terus mempertahankan karantina terhadap sindrom pernafasan Timur Tengah yaitu MERS dalam beberapa pekan mendatang. Tindakan karantina tidak akan dihentikan sebelum adanya fakta jelas yang menunjukkan terkendalinya penyakit MERS di Korea Selatan.

virus-mers-korea to hong-kongKo Wing Man menyatakan, Hong Kong telah meningkatkan level kewaspadaan menjadi status “serius” mengingat kunjungan timbal balik yang kerap kali dilakukan antara personel di Hong Kong dan Korea Selatan.

Menurut keterangan, Pemerintah Hong Kong telah meningkatkan pengawasan di berbagai bidang, termasuk bandara masuk wilayah dan lembaga medis. Hal ini dimaksudkan agar para petugas dapat sedini mungkin menemukan apabila terdapat penumpang yang terjangkit MERS dan akan dikarantina. Dengan demikian, diharapkan dapat menurunkan resiko merebaknya epidemi MERS di Hong Kong semaksimal mungkin.

Sementara itu di Korea Selatan, Kementrian Kesehatan negara itu pada hari Senin kemarin melaporkan lima penderita baru, sehingga jumlah korban mencapai 150 dan menjadi negara dengan wabah terbesar di luar Arab Saudi.

Kementerian itu mengatakan pasien lain, yang terpapar virus MERS, menjadi korban tewas ke-16. Semua kasus itu ditelusuri datang dari sarana kesehatan.

Empat rumah sakit ditutup total atau sebagian dalam upaya menghentikan penyebaran penyakit yang oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) disebut sebagai wabah yang “meluas dan kompleks”.

Setidaknya 440 sekolah masih ditutup, pada Senin lalu, dari sebanyak 2.900 sekolah yang ditutup pada Jumat. [SFA] 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: