Internasional

HRW Desak Saudi Untuk Segera Hentikan Penggunaan Bom Cluster

Salafynews.com, NEWYORK – Pengawas HAM (HRW) telah menyeru Arab Saudi untuk “dengan segera menghentikan” penggunaan amunisi cluster dalam serangannya terhadap Yaman dimana hal itu telah mejadikan tewasnya warga sipil di negara tersebut. (Baca UNICEF: 400 Anak Yaman Tewas Akibat Serangan Brutal Saudi)

Kelompok HAM yang berbasis di New York itu mengatakan pada hari Kamis (27/8) kemarin bahwa pihaknya memiliki bukti-bukti yang menunjukkan bahwa setidaknya ada tujuh serangan yang menggunakan bom cluster telah di lancarkan ke barat laut provinsi Hajjah antara bulan April hingga Juli.

Pasukan agresor ini “harus segera menghentikan penggunaan senjata-senjata ini dan bergabung dengan perjanjian yang melarang semua itu,” ungkap Ole Solvang, peneliti HRW. (Baca AS Sengaja Tutupi Pengunaan Bom Cluster Saudi di Yaman)

Akibat Serangan Bom Saudi

HRW menambahkan bahwa para penelitinya telah menyelidiki empat dari tujuh tempat yang menjadi sasaran serangan dimana mereka menemukan sub-munisi yang belum meledak atau sisa-sia munisi cluster.

Menurut HRW, senjata-senjata yang telah digunakan dalam semua serangan yang menghantam area sepanjang 19 kilometer dari perbatasan negara itu dengan Arab Saudi, adalah senjata roket cluster M26 buatan Amerika Serikat.

HRW, baru-baru ini telah bergabung dengan sejumlah kelompok HAM lainnya untuk mendesak Dewan Hak Asasi Manusia PBB agar membentuk komisi guna menyelidiki “dugaan pelanggaran hukum serius dalam perang oleh semua pihak dalam konflik bersenjata di Yaman sejak September 2014” (Baca HRW; Harus Ada Penyelidikan atas Kejahatan Perang Saudi di Mokha)

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada 11 Agustus yang lalu, bahwa lebih dari 4.300 orang telah tewas dalam konflik di Yaman. Namun menurut sebuah sumber lokal Yaman, angka kematian yang terjadi dalam perang Yaman jauh lebih tinggi. (SFA/LM/PTV)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: