Afrika

HRW Minta Pemerintah Nigeria Segera Bebaskan Ibrahim Zakzaky

Jum’at, 16 Desember 2016,

SALAFYNEWS.COM, NIGERIA – Organisasi kemanusiaan Human Rights Watch pada hari Rabu (15/12) telah meminta pemerintah Nigeria untuk menghentikan tindakan represif terhadap para anggota Gerakan Islam Nigeria dan segera membebaskan pemimpinnya, Sheikh Ibrahim Zakzaky. (Baca: Tak Cukup Bukti, Pengadilan Nigeria Bebaskan Sheikh Ibrahim Zakzaky)

Human Rights Watch mengatakan bahwa pihak berwenang Nigeria hendaknya mengadili orang-orang yang bertanggung jawab atas kejahatan yang dilakukan terhadap Gerakan Islam Nigeria dan segera melaksanakan keputusan dari Pengadilan Federal Nigeria yang telah memerintahkan pembebasan Sheikh Ibrahim Zakzaky dan istrinya.

Sheikh Ibrahim Zakzaky ditangkap bersama istrinya lebih dari setahun yang lalu setelah terjadinya bentrokan antara tentara Nigeria dengan pendukung Zakzaky di kota Zaria di negara bagian Kaduna pada bulan Desember 2015 lalu, yang menyebabkan tewasnya 348 pengikut Gerakan Islam Nigeria. (Baca: Catherine Sakdham: Ada Tangan Wahabi Saudi di Balik Pembantaian Muslim Nigeria)

Sheikh Ibrahim Zakzaky telah kehilangan matanya saat penangkapan dan saat ini sebagian anggota badannya mengalami kelumpuhan.

Human Rights Watch menuduh pemerintah daerah di negara bagian Kaduna di barat utara Nigeria terus melakukan tindakan represi terhadap kelompok Gerakan Islam Nigeria pimpinan Sheikh Ibrahim Zakzaky tanpa adanya penuntutan terhadap pihak-pihak yang bertanggung jawab atas hal ini.

Pemerintah daerah Kaduna pada awal bulan ini menuduh Zakzaky sebagai warga “pemberontak” sejak tiga puluh tahun lalu, pernyataan ini disampaikan beberapa hari setelah hakim Pengadilan Federal Nigeria memutuskan untuk membebaskan Zakzaky dalam waktu 45 hari. (SFA)

Sumber: AFP

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: