Internasional

ICRC Khawatirkan Kondisi Mayat-Mayat di Zona Perang Yaman

YAMAN, Salafynews.com – Organisasi yang berbasis di Swiss itu mengatakan bahwa “hukum internasional” perlu mengambil langkah untuk mengurus mayat para tentara dan warga yang ditinggalkan di zona perang dan perlu diperlakukan dengan baik dan dengan hormat.

Komite Internasional Palang Merah (ICRC) telah menyatakan keprihatinan mendalam atas meningkatnya jumlah mayat tanpa pengawasan di Yaman, di tengah berlanjutnya serangan udara Saudi di negara Arab miskin itu.

Dengan eskalasi pertempuran, lebih banyak korban dan mayat yang tertinggal karena meningkatnya bahaya terkait pengambilan mayat atau mereka yang terluka,” kata Nourane Houas, kepala Departemen Perlindungan ICRC di Yaman, Selasa (18/8/15).

Houas mendesak semua pihak dalam konflik untuk menghormati mereka yang sudah mati” dan memungkinkan identifikasi yang tepat dan menyerahkannya kepada keluarga.

Kegagalan untuk mengidentifikasi mereka yang tewas menempatkan mereka dalam daftar hilang,” kata Houas.

Houas mengatakan bahwa ICRC telah membantu mengambil lebih dari 400 mayat sejak Maret. Organisasi Kesehatan Dunia, bagaimanapun, mengatakan jumlah korban tewas akibat konflik dari Maret sampai 5 Agustus berdiri di angka lebih dari 4.340 orang.

Sumber-sumber lokal mengatakan angka kematian dari serangan udara Saudi jauh lebih tinggi dari angka yang telah dikeluarkan oleh ICRC. Menurut angka PBB, setengah dari mereka yang tewas adalah warga sipil. [alalam/SFA]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: