Fokus

Ideologi Ekstrim Wahabi Ganyang Arab Saudi

RIYADH, Salafynews.com – Jawatan keamanan Arab Saudi selama tiga pekan lalu menangkap tujuh puluh satu orang dengan dakwaan tindakan subversif dan terorisme. Dinas keamanan Saudi hari Sabtu (7/11) mengumumkan, dari sejumlah orang yang ditangkap tersebut, terdapat beberapa warga negara asing yaitu: Suriah, Yaman dan Mesir, sedangkan sebagian lainnya adalah warga negara Arab Saudi. Berdasarkan sumber keamanan Saudi, tersangka yang ditangkap dalam operasi 29 Oktober lalu, dan operasi kali ini, seluruhnya adalah warga Saudi, kecuali dua orang asing.

Posisi Arab Saudi yang menjadi pusat penyebaran ajaran Wahabisme memainkan peran penting sebagai pendukung ekstrimisme dan terorisme di kawasan. Selama beberapa tahun lalu, rezim Al Saud meggelontorkan bantuan finansial besar-besaran kepada kelompok ekstrim di kawasan, terutama di Suriah.

Saudi memainkan peran vital dalam merekrut para ekstremis dan teroris di seluruh penjuru dunia, dan kini berbalik menjadi bumerang bagi rezim Al Saud sendiri. Padahal, Arab Saudi dirugikan dari sisi kebijakan dalam negeri, maupun luar negerinya akibat ekstremisme dan terorisme. Dukungan terhadap kelompok ekstrem dan teroris di Suriah dan Irak menyeret negara Arab itu dalam pusaran krisis, terutama potensi perang saudara.

Meluasnya aksi terorisme di Arab Saudi membunyikan lonceng peringatan bahaya bagi pemerintah Riyadh. Mereka kini mengkhawatirkan bumerang dari kelompok-kelompok teroris yang mereka biayai sendiri. Oleh karena itu, penguasa Saudi mulai mempertimbangkan untuk menghentikan dukungan terhadap kelompok teroris takfiri yang mulai mengancam eksistensinya, terutama ISIS, dengan menggelar operasi pengamanan anti-teror besar-besaran di dalam negeri.

Peningkatan pengamanan nasional di Arab Saudi dan penangkapan sejumlah tersangka teroris mengindikasikan ketakutan rezim Al Saud akibat kebijakan keliru yang diambil sebelumnya, dan kini menuai badai menjadi bumerang.

Selama bertahun-tahun, Arab Saudi melakukan Kezaliman terhadap umat Islam, terutama di Suriah dan Irak dengan mendukung kelompok teroris ISIS, dan kini masih melanjutkan agresi militer terhadap rakyat Yaman. [Sfa/MM]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: