Eropa

Ilmuwan Rusia Temukan Solusi Penyembuhan Alzheimer, Parkinson

Salafynews.com, MOSKOW – Sekelompok ilmuwan Rusia berhasil mengembangkan metode perbaikan DNA baru yang diharapkan mampu mencegah dan menyembuhkan penyakit-penyakit neurodegeneratif, seperti, Alzheimer, Parkinson dan bahkan dapat menghentikan proses kematian sel.

ilmuwan rusia

ilmuwan rusia

Tim peneliti yang dipimpin oleh Vasiy M Studitsky, professor di Universitas Negeri Moskow Lomonosov itu mempublikasikan penemuannya dalam sebuah artikel berjudul  “Struktur kromatin yang ditranskripkan adalah sensor kerusakan DNA”,  dalam Jurnal Kemajuan Ilmiah.

“Deteksi dini dan perbaikan DNA yang rusak sangat penting bagi fungsi dan keberhasilan sel,” demikian ungkap penelitian tersebut.

Studi tersebut mengangkat pertanyaan mengenai single-strand breaks (SSBs), yang dalam riset itu disebut, “kerusakan DNA yang dihasilkan ketika terjadi berbagai proses metabolisme sel,”

“SSBs yang tak diperbaiki bisa masuk ke transkripsi, replikasi, dan perbaikan DNA, mengakumulasi DNA yang sedang menggandakan diri, meningkatkan ketidakstabilan genomik dan apoptosis [proses kematian sel terprogram]; dan menyebabkan penyakit neurodegeneratif parah. “Alzheimer, Parkinson dan atrofi otot tulang belakang adalah contoh dari penyakit tersebut.

Studitsky mengatakan kepada Sience Portal Psys.org, bahwa tim ilmuwan “telah menunjukkan meski belum di dalam sel, namun dalam vintro, bahwa perbaikan dalam pembelahan rantai DNA lain yang masih “tersembunyi” di nucleosome adalah mungkin,”

Karena molekul DNA adalah zat kimia yang tidak stabil, maka deteksi kerusakan dan perbaikan sangat diperlukan.

“Observasi ini meningkatkan kemungkinan bahwa struktur nucleosomal dapat mempengaruhi proses deteksi dan perbaikan kerusakan DNA,” ungkap studi tersebut.

Para peneliti menambahkan bahwa temuan mereka dapat menentukan keberadaan mekanisme  transkripsi spesifik kromatin tertentu yang memungkinkan deteksi NT-SSBs yang tersembunyi dalam struktur kromatin. (SFA/LM/RT)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: