Internasional

Inilah Alasan Utama Negara-Negara Arab Terlibat Serang Yaman

Riyadh, Salafynews.com – Surat kabar  Riyadh mengungkap pengeluaran uang Kerajaan Arab Saudi dalam jumlah besar untuk negara-negara Arab tertentu dalam rangka pembelian piutang-piutang mereka di bawah bendera bantuan keuangan.

Sejumlah pengamat berpendapat  bahwa bantuan keuangan ini yang mencapai  85 miliar riyal (22,7 miliar dolar) dikucurkan dengan tujuan memaksakan kehendak politik Kerajaan Arab Saudi terhadap negara-negara tersebut melalui pembelian piutang-piutang mereka  dan membuat mereka berputar dalam orbitnya karena ketergantungan secara fisik maupun ekonomi.

Menurut surat kabar Al Riyadh,  Berdasarkan perkiraan para ahli Dana Moneter Internasional (IMF), Mesir berada di barisan terdepan dari negara-negara ini, di mana total uang yang dialokasikan untuknya sebesar 24,4 milyar riyal (6,5 milyar dolar Amerika) selama periode Januari 2011 hingga April 2014.

Yaman berada di posisi kedua dengan jumlah keseluruhan mencapai 14,3 milyar riyal (3,8 milyar dolar) selama periode Januari 2011 hingga April 2014.

Yordania menduduki  peringkat ketiga dalam alokasi 11,2 milyar riyal (3 milyar dolar) selama periode Januari 2011 hingga April 2014.

Bahrain berada di posisi keempat untuk alokasi jumlah uang mencapai 10,7 milyar riyal (2,8 milyar dolar) selama periode dari Januari 2011 sampai April 2014. Disusul Oman dengan 9,4 milyar riyal (2,5 milyar dolar).

Di tempat keenam, Otoritas Palestina dengan dukungan keuangan sebesar 6,7 milyar riyal (1,8 milyar dolar).

Ketujuh, Maroko dengan alokasi sejumlah 6,1 milyar riyal ( 1,6 milyar dolar). Dan Sudan sebesar 2 milyar riyal ( 527 juta dolar), serta Djibouti sebesar 255 juta riyal ( 68 juta dolar).

Dengan bacaan laporan ini, alasan utama sebagian besar negara Arab terlibat bersama Arab Saudi mengagresi Yaman, tidak lagi samar bagi sejumlah pengamat. (sm)

neraca bantuan Saudi kepada sebagian negara Arab

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: