Internasional

Inilah Penyebab Kehadiran Militer Turki di Irak

27 Desember 2015,

SALAFYNEWS.COM, TURKI – Sumber resmi Turki mengatakan bahwa pihak Ankara meningkatkan kehadiran militernya di utara Irak dengan dalih melatih pasukan Peshmerga Kurdi, setelah dilakukan perjanjian sebelumnya dengan Presiden Kurdistan Irak, Massoud Barzani.

Namun pada kenyataannya, alasan itu adalah palsu tidak ada dasar faktualnya, karena sebenarnya para tentara Kurdi sudah terlatih dengan sangat baik daripada militer Turki dalam terjun ke medan pertempuran dan berperang menghadapi para gerilyawan, dan juga alasan untuk menjaga pusat-pusat pelatihan adalah sebuah alasan bohong-bohongan dan sangat lemah, karena sebelumnya tentara militer Turki telah mendirikan pangkalan militer di masing-masing daerah Kanimasi dan Amedee serta di daerah bandara Pamirna. (Baca: PBB Bahas Aliran Dana Terorisme dan Keluhan Irak atas Intervensi Turki)

Menurut para ahli militer Rusia, rahasia sebenarnya di balik kehadiran Turki di Irak adalah untuk melindungi jalur alternatif bagi perdagangan minyak yang dicuri oleh teroris ISIS yang dikirim ke Turki melalui daerah yang dikuasai organisasi teroris dan daerah-daerah yang berada di bawah kendali militan bersenjta yang setia kepada Barzani. Perlu diketahui, bahwa kehadiran pasukan Turki saat ini di wilayah Irak sama sekali tidak melakukan tindakan militer menumpas teroris ISIS. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: