Afrika

Innalillah, Bom Masjid Nigeria Tewaskan 42 Orang

Salafynews.com, BORNO Setidaknya 42 orang telah kehilangan nyawa ketika dua bom meledak di timur laut sebuah masjid di negara bagian Nigeria yang tengah bergolak, Borno.

Saksi mata mengatakan bahwa kedua bom itu meledak dalam waktu yang sangat berdekatan, sekitar pukul 6.30 sore, waktu setempat pada hari Kamis (15/10). Bom itu dibawa oleh dua orang yang menyamar sebagai jemaah dan menyelinap diantara para jamaah lainnya di tempat ibadah di lingkungan Molai Barat, kota Maidugiri, terletak sekitar 870 km (540 mil) sebelah barat ibukota, Abuja, dimana orang-orang tengah berkumpul untuk melaksanakan sholat maghrib. (Baca Boko Haram Ingin Dirikan ‘Khilafah’ Tapi Tak Bisa Ngaji dan Suka Narkoba)

“Semua orang di masjid tewas. Tak seorangpun berhasil lolos,” ungkap Muhtari Ahmadu, seorang pedagang yang berada di dekat lokasi kejadian. “Masjid itu bisa menampung setidaknya 40 orang dalam waktu bersamaan, tapi saya tidak tahu jika ada lebih banyak orang didalamnya, saat kejadian,” tambah Ahmadu.

Belum ada yang secara jelas mengklaim sebagai pelaku serangan, namun biasanya serangan semacam ini dilakukan oleh teroris takfiri Boko Haram.

Peristiwa dua bom masjid ini, terjadi hanya dua hari setelah tiga bom yang menewaskan setidaknya tujuh orang di di wilayah pinggiran padat penduduk, Ajilari-Cross, Selasa malam, saat warga beristirahat setelah berjuang melawan temperatur 39 derajat Celcius di siang hari.

Menurut Abubakar Sadiq, seorang warga lokal, kepada Associated Press, Rabu (14/10/2015), tiga ledakan itu diikuti rentetan senjata api.

Bulan lalu, 54 orang tewas dan 90 lainnya terluka dalam serangan bunuh diri di sebuah masjid di Ajilari-Cross. (Baca Boko Haram Bantai 42 Warga Desa Di Timur-laut Nigeria)

Presiden Amerika Serikat Barack Obama beberapa waktu lalu mengatakan bahwa negaranya  berencana mengirim pasukan untuk menghadapi Boko Haram di Kamerun. Keputusan diambil karena Boko Haram semakin memperluas daerah jajahannya di benua Afrika. (SFA/LM/PTV)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: