Internasional

Irak, Rusia, Iran, Suriah Bentuk Pasukan Gabungan Perangi ISIS

BAGHDAD, Salafynews.com – Irak bekerja sama dengan Iran, Rusia, dan Suriah membentuk pusat informasi untuk melawan kelompok teroris ISIS, yang telah mendatangkan bencana di negara Arab tersebut sejak 2014.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh komando operasi gabungan militer Irak mengatakan pada Sabtu (26/9/15) bahwa para pejabat Irak terlibat dalam kerjasama intelijen dan keamanan dengan pejabat di tiga distrik di ibukota Irak, Baghdad.

Pernyataan itu menambahkan bahwa kerjasama tersebut dilakukan akibat adanya kekhawatiran Rusia yang meningkat tentang keberadaan ribuan teroris asal Rusia yang melakukan tindak pidana bersama dengan ISIS.”

Sergei Smirnov, wakil direktur pertama dari Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB), mengatakan pada 18 September bahwa hampir 2.400 warga Rusia saat ini bergabung dengan kelompok teroris ISIS.

“Informasi yang ada pada kami menunjukkan bahwa sekitar 2.400 warga Federasi Rusia sudah mengambil bagian dalam kegiatan organisasi ini. Ini cukup banyak,” katanya.

Menurut media Rusia, pimpinan pusat gabungan bersama akan ditentukan secara bergilir di antara empat negara, diawali dari Irak.

Sebuah sumber yang berbicara dengan isyarat anonim, mengatakan Rusia Interfax News Agency malaporkan komite mungkin dibuat di Baghdad untuk merencanakan operasi militer dan mengendalikan unit angkatan bersenjata dalam perang melawan ISIS.

“Tujuan utama dari pembentukan pasukan gabungan ini akan mengumpulkan, memproses dan menganalisis informasi terkini mengenai situasi di Timur Tengah – terutama untuk pertempuran IS (ISIS),” RT mengutip sumber militer-diplomatik yang mengatakan.

Perkembangan ini datang setelah New York Times melaporkan, Sabtu, mengutip intelijen AS dan aparat penegak hukum, bahwa sekitar 30.000 gerilyawan lebih dari 100 negara, termasuk lebih dari 250 orang Amerika, telah melakukan perjalanan ke Suriah dan Irak untuk bergabung dengan jajaran kelompok teroris Takfiri yang beroperasi di kedua negara.

Kekerasan mengerikan telah melanda bagian utara dan barat Irak sejak ISIS melancarkan serangan pada bulan Juni 2014, dan mengambil alih beberapa wilayah. (SFA/PTV)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Jet-jet Tempur Irak Bombardir Tiga Markas Besar Teroris ISIS di Mosul | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: