Asia

Iran Beli 114 Pesawat Airbus Setelah Sanksinya Dicabut

17 Januari 2016

TEHRAN, SALAFYNEWS.COM – Dengan berakhirnya sanksi ekonomi terhadap Iran. Tehran telah menyepakati pembelian 114 pesawat sipil dari perusahaan Airbus, menurut media Iran.

Kantor berita Iran Tasnim mengutip keterangan dari Menteri Transportasi mengatakan, Sabtu (16/01), bahwa Iran telah sepakat dengan perusahaan Airbus untuk membeli 114 pesawat sipil. Pernyataan Menteri didampaikan menjelang pencabutan sanksi internasional yang dikenakan pada Teheran.

Menteri Abbas Okhunda mengatakan, “Kami telah mengambil langkah pertama dalam kesepakatan dengan perusahaan Airbus untuk membeli 114 pesawat”.

Perusahaan itu mengatakan bahwa pembicaraan perdagangan dengan Iran belum dapat dimulai sampai pencabutan sanksi. Sebagaimana dijadwalkan sanksi dicabut pada hari Sabtu saat pertemuan para diplomat di Wina dan pengumuman Iran terkait pembebasan empat orang Amerika dari penjara.

Seorang juru bicara Iran mengatakan, “Meskipun Iran sangat membutuhkan pesawat-pesawat baru, namun kami harus tetap berpegang teguh pada hukum yang berlaku.” [Sfa/AS/Addiyar]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: