Asia

Iran Jual Minyak 1 Juta Barel ke Indonesia

Selasa, 20 Desember 2016

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia mengatakan pihaknya berencana untuk membeli 1 juta barel minyak mentah dari Iran pada kuartal pertama tahun depan.

Dwi Soetjipto, kepala eksekutif dari Pertamina, yang dikutip media mengatakan bahwa impor dari Iran akan diberikan ke kilang Cilacap di Jawa Tengah.

“Kami akan mencoba untuk membawa .. kilang Cilacap sekitar 1 juta barel untuk percobaan. Ketika kita tahu hasilnya, maka kita bisa bernegosiasi untuk jangka panjang,” Soetjipto yang dikutip oleh Reuters.

Pengumuman ini datang setelah kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo ke Iran pada minggu lalu.

Selama Presiden Widodo menginap di Teheran, Iran dan Indonesia menandatangani lebih dari selusin perjanjian untuk mempromosikan kerjasama di berbagai bidang seperti perbankan, pangan dan pertanian, minyak dan gas serta perdagangan umum.

Sebuah kesepakatan kunci salah satunya adalah menjual lebih dari 500.000 metrik ton liquefied petroleum gas (LPG) oleh Iran ke Indonesia pada tahun 2017.

Iran juga menyatakan komitmennya untuk berinvestasi di Indonesia dengan membangun kilang minyak di Jawa Timur dan pembangkit listrik mobile 5.000-megawatt di lokasi yang tidak ditentukan, The Jakarta Post melaporkan.

Kedua negara juga menjelajahi kemungkinan bekerja sama untuk mengoperasikan Iran Ab-Teymour dan Mansouri di provinsi kaya minyak barat daya negara itu, Khuzestan.

Tingkat ekspor tahunan, Iran ke Indonesia sekitar $ 74.000.000 sedangkan impor sekitar $ 83.000.000, kantor berita Iran IRNA.

Kedua negara telah mengumumkan rencana serius untuk meningkatkan tingkat perdagangan mereka sampai setinggi $ 2 miliar. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: