Internasional

Iran Siap Kirim 3 Pesawat Bantuan ke Yaman

Salafynews.com – Seorang pejabat senior Iran mengatakan Republik Islam siap mengirim tiga pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan ke Yaman dalam 24 jam ke depan.

Hossein Amir-Abdollahian, wakil menteri luar negeri Iran untuk urusan Arab dan Afrika, mengatakan bahwa Republik Islam siap untuk memberikan makanan dan obat-obatan ke Yaman melalui Program Pangan Dunia PBB.

Pada hari Selasa, Amir-Abdollahian membuat pernyataan dalam percakapan telepon dengan Ertharin Cousin, direktur eksekutif badan PBB.

Cousin mengatakan bahwa badan tersebut telah siap untuk bekerja sama dengan Iran dalam memberikan bantuan kepada Yaman.

Sebelumnya, Arab Saudi telah memblokir pengiriman bantuan Iran ke Yaman. Bulan lalu, Rezim Riyadh mencegah dua pesawat sipil Iran saat memberikan bantuan medis dan pangan untuk orang-orang Yaman.

Sementara itu, sebuah kapal kargo Iran pergi ke Yaman untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke negara Arab termiskin itu. Kapal yang membawa bantuan yang sangat dibutuhkan di Yaman ini, termasuk makanan dan obat-obatan, sekarang telah sampai di Laut Oman, menuju kota pelabuhan Hudaidah, Yaman.

kargo-bantuan-iran

Arab Saudi mulai agresi militer terhadap Yaman pada 26 Maret – tanpa mandat dari PBB – dalam upaya untuk melemahkan gerakan Houthi Ansarullah, yang saat ini menguasai ibukota, Sana’a, dan provinsi utama lainnya. Serta untuk mengembalikan kekuatan buronan mantan Presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansour Hadi, sekutu setia Riyadh. (jb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: