Internasional

Iran Tegaskan Keinginan Capai Kesepakatan Final Dalam Perundingan Nuklir

Salafynews.com, TEHERAN Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Agung Iran (SNSC), Ali Shamkhani, dalam pertemuannya dengan Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Yukiya Amano menggaris bawahi bahwa Teheran teguh pada putusan untuk mencapai kesepakatan final dengan negara-negara kekuatan dunia.

Selama pertemuan di Teheran pada hari Kamis (2/7), Shamkhani menekankan keputusan tegas politik Iran untuk mencapai kesepakatan yang imbang yang mempertemukan hak-hak legal Iran sebagai anggota Non- Poliferasi Nuklir dan mengatakan “keberlanjutan dan kehormatan  dari suatu perjanjian apapun  bergantung kepada kepuasan kedua belah pihak yang bernegoisasi.”

SNSC meeting with IAEA

SNSC meeting with IAEA

Ia mengatakan bahwa Republik Islam Iran akan melihat sisi positif pada setiap rencana yang hasilnya adalah tindakan nyata dari industri nuklir damai dan penghapusan tak bersyarat sanksi-sanksi illegal dan kejam atas Iran.

Dalam pernyataan yang relevan pada hari Rabu kemarin, Wakil Menteri Luar Negeri Iran dan negosiator senior Sayyid Abbas Araqchi menggaris bawahi bahwa Teheran berusaha mencapai  kesepakatan  komprehensif yang baik dengan negara-negara kekuatan.

“Semua delegasi dan Iran bekerja serius dalam hal ini, semua pihak serius, atmosfir positif menaungi negoisasi yang berlangsung dan semangat untuk terus maju ada dalam diri semua delegasi namun hal ini tidak berarti semua delegasi itu, termasuk kami, siap untuk mencapai kesepakatan dengan harga berapa saja,” ungkap Araqchi dalam sebuah wawancara dengan stat TV.

Ia mengatakan bahwa kesepakatan yang baik adalah kesepakatan yang menghormati prinsip-prinsip, kerangka kerja dan garis merah yang telah ditentukan khususnya oleh Pemimpin Utama Republik Islam Iran Sayyid Ali Khamenei.

Sebagai catatan bahwa negoisasi telah diperpanjang tujuh hari setelah kedua belah pihak, Iran dan negara-negara kelompok P5+1 (AS, Rusia, China, Inggris dan Perancis plus Jerman) gagal  mencapai kesepakatan final dari tenggat 1 Juli, Araqchi mengungkapkan harapannya bahwa kesepakatan bisa dicapai selama seminggu perpanjangan negoisasi di Wina. (SFA/LM/FNA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: