Internasional

ISIS Eksekusi Arkeolog Terkemuka Palmyra

DAMASKUS, Salafynews.com – Seorang sarjana barang antik terkemuka yang diculik oleh kelompok teror ISIS telah disembelih dan jasadnya digantung di salah satu tiang istana Romawi kota kuno tersebut.

Khaled al Asaad, seorang arkeolog berusia 81 tahun, telah diculik dan disandera oleh kelompok ISIS sebelum akhirnya dipenggal dan jasadnya digantung di kota tua Palmyra yang diserbu ISIS pada bulan Mei lalu.

Mr Asaad yang telah disandera selama sekitar satu bulan itu dilaporkan telah disembelih di sebuah alun-alun diluar museum, di hadapan puluhan orang yang menyaksikan pembunuhan tersebut.

Kantor berita SANA, berdasarkan pada Observatoruim HAM melaporkan pada hari Rabu(19/8), bahwa setelah pembunuhannya, jasad Mr. Asad kemudian digantung di salah satu tiang di Istana Romawi kuno.

patung singaMaamoun Abdulkarim, kepala Departemen Purbakala dan Museum di Damaskus, mengatakan kepada SANA bahwa Mr Asaad adalah “salah satu pelopor yang paling penting dalam arkeologi Suriah pada abad ke-20”.

“Selama penculikannya, ISIS berusaha untuk memaksa arkeolog tua itu untuk memberi tahukan dimana keberadaan harta karun kota kuno Palmyra yang sebelumnya telah disembunyikan untuk menyelamatkannya dari perampokan milisi tersebut,” ungkap Abdulkarim.

palmyra

Ekstrimis ISIS, yang mengendalikan sepertiga wilayah Suriah dan Irak, telah menghancurkan situs-situs arkeologi di wilayah-wilayah yang telah mereka kuasai, dan ditakutkan akan menghancurkan juga seluruh kota kuno Palmyra yang diperkirakan berusia 2000 tahun itu.

Juli lalu, teroris ISIS menghancurkan patung Singa berusia 1,900 tahun dari patung Al-Lat, salah satu patung arkeologi yang paling penting dan berharga di Palmyra. (lm/skynews/SANA/Sfa)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: ISIS Kembali Hancurkan Kuil Kuno di Palmyra | SalafyNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: