Internasional

ISIS Hancurkan Warisan Sejarah Raja Sanherib Abad 7 SM

11 April 2016,

SALAFYNEWS.COM, MOSUL – Seorang profesor di Fakultas Arkeologi di Universitas Mosul, Dr. Amer Abdullah al-Jumaili menegaskan kepada kantor berita “Sputnik”, Minggu (10/04), bahwa kelompok teroris ISIS telah menghancurkan gerbang dewa Ea yang sejarahnya kembali ke abad ketujuh SM pada zaman raja Asyur Sanherib, di Mosul utara Irak utara.

Jumaili mengutip keterangan saksi mata di Mosul bahwa kelompok teroris ISIS menggunakan sejumlah alat berat dan peralatan mekanik di pagi hari untuk menghancurkan gerbang “Mashqi” dikenal dalam bahasa Akkadia sebagai “Bawwabah Mashqi” sepanjang jalan ke Universitas Mosul dekat lingkungan pertanian.

Perlu disebutkan bahwa gerbang Mashqi ditemukan pada tahun 1968 merupakan salah satu gerbang ibukota Nineveh yang tadinya berjumlah delapan belas gerbang, terletak di sisi barat tembok kota Niniveh dan terletak di dekat lingkungan pertanian di timur dari Mosul.

Diratakannya gerbang gerbang Mashqi masuk dalam catatan buruk dan kejahatan kelompok teroris ISIS, dimana mereka telah menghancurkan sejarah rakyat Irak, sebagaimana pula mereka telah menghancurkan sejumlah situs arkeologi dan sejumlah monumen kuno antik Irak yang sangat berharga saat berada dibawah kendali mereka di Nineveh dan bermarkas di Mosul sejak 2014, seperti kota Nimrud Asyur, sapi jantan bersayap dan Museum kota setelah mereka mencuri potongan-potongan yang dapat dilepas dan dipindah untuk diselundupkan. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: