Internasional

ISIS Jauh Lebih Berbahaya dari Al-Qaeda

Salafynews.com, AFGHANSITAN – Meskipun ISIS merupakan kelompok yang berasal dari sempalan al-Qaeda, tapi kekuatan mereka saat ini jauh lebih besar dan berbahaya dari al-Qaeda.

“Jika al-Qaeada adalah versi pertama dari terorisme, maka Daesh (sebutan ISIS/IS dalam bahasa Arab) adalah versi ke enam,” kata Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, seperti dilansir Russia Today pada Senin (13/7/2015).

ISIS VS Al-Qaeda

ISIS VS Al-Qaeda

Ghani bahkan menyebut, ISIS enam kali lebih berbahaya, besar, dan canggih dibandingkan pendahulunya tersebut.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani

Dirinya menuturkan, sistem bekerja ISIS sudah sangat modern. Kelompok radikal itu, menurut Ghani benar-benar bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memperbesar dan menjalankan aksi-aksinya.

“Bentuk organisasi ini benar-benar modern. Sarana komunikasi dikerahkan, jaringan, perekrutan melalui internet. Jadi morfologi yang terlibat sangat cepat. Jika Anda melihat ke dalam teori jaringan, menunjukkan bahwa Daesh melewati sekitar empat sampai lima tahap pembentukan jaringan dalam waktu yang sangat singkat. Itu berarti bahwa inovasi mereka sangat cepat,” sambungnya.

Selain itu, situasi yang kurang stabil di Irak dan Suriah menjadikan alasan lain mengapa ISIS bisa berkembang sangat pesat. ISISyang tahun lalu hanya menduduki Mosul, kini sudah bisa menguasasi setengah dari Irak dan setengah dari wilayah perbatasan Suriah dan Irak.

Pemimpin Afghanistan itu menyebut dunia internasional harus bergerak sangat cepat untuk bisa mengejar perkembangan yang dialami ISIS. Bila dunia tidak bisa mengejar laju perkembangan ISIS, maka sulit rasanya untuk bisa mengalahkan kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi itu. (SFA/RT/AM/ESN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: